Tingkatkan Ketahanan Pangan Danmenkav 2 Mar Tinjau Kebun Hidroponik Jalasenastri Cabang 5 Korcab Pasmar 2


Jawapes Surabaya - Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar) Kolonel Mar Kakung Priyambodo, S.T., M.Han meninjau pembibitan Hidroponik, pembuatan kompos organik, penanaman bibit sayur dan Penebaran ikan oleh Pengurus Jalasenastri Cabang 5 Korcab Pasmar 2 di Trian Soepraptono Ujung, Surabaya. (Rabu/06/05/2020)

“Dengan terbatasnya lahan yang dimiliki dan guna mendukung program Pemerintah tentang ketahanan pangan ditengah Pandemi Covid-19, budidaya tanaman Hidroponik bisa digunakan sebagai alternatif dalam bercocok tanam. Berbagai jenis sayuran dengan mudah bisa ditanam secara Hidroponik, sarananya bisa menggunakan paralon atau botol bekas. Tanaman dapat ditempatkan dimana saja, yang penting pada saat hujan tanaman tidak terkena hujan secara langsung karena akan mempengaruhi kandungan nutrisi dalam air yang menjadi media penanaman tersebut, "terang Danmenkav 2 Mar.

Lebih lanjut dijelaskan Danmenkav 2 Mar bahwa pertumbuhan tanaman disamping memerlukan sinar matahari yang cukup dengan kelembaban tertentu, diperlukan perawatan yang terampil sehingga tanaman dapat berkembang sesuai yang diharapkan, tanaman yang cocok ditanam dengan teknologi ini antara lain tanaman sayuran seperti selada, sawi, kangkung, terong dan berbagai sayuran lainnya.

Danmenkav 2 Mar berharap “Dengan adanya lahan hidroponik ini ibu-ibu Jalasenastri Cabang 5 terus berpartisipasi dalam mendukung Program ketahanan pangan mandiri dan apa yang dilaksanakan oleh Jalasenastri Cabang 5 ini hasilnya bisa dirasakan oleh Prajurit dan keluarga, yang tentunya sehat karena organik tanpa menggunakan bahan kimia atau pestisida".

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai Protokol kesehatan penanganan Covid-19 seperti masker, hand sanitizer maupun melaksanakan physical distancing, ibu ibu pengurus Jalasenastri disamping melakukan aktifitas penanaman bibit sayuran lahan Hidroponik juga membuat kompos organik, dan Penebaran ikan Nila di kolam Jalasenastri Cabang 5 Korcab Pasmar 2.
(Kpt Kukuh/Kav2)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama