Tagana Lumajang Membantu Korban Musibah Banjir di Jember


Jawapes Lumajang - Tragedi banjir bandang di Desa Klungkung, membuat panggilan hati Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lumajang hadir dan ikut serta dalam membantu musibah banjir, Minggu (2/2/2020).

Koordinator Tagana Kabupaten Lumajang, Mokhamad Eko Santoso, setelah mengetahui bahwa di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember terjadi banjir bandang, dimana sempat viral di medsos bahwa banjir tersebut membawa muatan pohon besar, pasir dan batu begitu derasnya turun ke  Kali Jompo.

Beliau juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, tentang kondisi yang ada di Jember, dan akhirnya memberangkatkan utusan Tagana Lumajang berjumlah 9 personil ke lokasi dengan membawa beberapa bahan ke Jember.

Para Tagana diberi tugas membantu di bidang Layanan Dampak Psikologis (LDP) dengan prioritas Ibu lansia serta anak-anak yang nantinya diberikan edukasi penyuluhan tentang tanggap bencana ataupun bila terjadi bencana dengan harapan agar mereka tidak trauma jika bencana terjadi lagi.

Della salah satu anak saat diwawancarai oleh awak media merasa senang dan gembira atas kedatangan Tagana.

"Saat terjadi banjir besar, saya dan  ibu sangat ketakutan, khawatir nantinya banjir mengenai rumahnya, akan tetapi setelah diberitahu ayahnya kalau banjir tidak mengenai rumahnya," katanya.

Joni selaku anggota Tagana Lumajang menyampaikan agar kegiatan ini bisa memberikan edukasi dan penyuluhan terhadap anak anak dengan metode bermain, bercanda dan bernyanyi dengan harapan mereka ceria, gembira sehingga tidak sedih dan takut bila mana terjadi banjir, tuturnya.(tim)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama