Dinas Pendidikan Gelar Bimtek Karya Ilmiah Bagi Guru SMA/SMK/PKLK

Jawapes Pacitan - Guru adalah sosok penting dalam perkembangan bangsa. Guru mempunyai dua fungsi sebagai pendidik dan pengajar. Keduanya termasuk pemberian pengetahuan dan pendisiplinan murid.

Peluang guru salah satunya mengembangkan karya tulis, seperti kegiatan Bimbingan Teknis pengembangan literasi penulisan buku dan karya tulis ilmiah yang diadakan di Pendopo Kabupaten Pacitan pada tanggal 13 Febuari 2020 kemarin.

Moderator penulisan buku dari Telaga Ilmu Jakarta Wahyu Purnomo mengatakan, terkait adanya bimbingan teknis pengembangan literasi penulisan buku dan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

"Ini memang sangat diperlukan guru - guru baik SMA, SMK, dan PKLK, mengapa demikian?" tanya Wahyu.

Jelas Wahyu, karena selain memang tuntutan untuk penyusunan pangkat dan jabatan serta kenaikan golongan,
sebagian besar penulis pengulang Karya Tulis Ilmiah (KTI) belum menguasai cara - cara penulisan.

Oleh karena itu di HUT Pacitan yang ke 275 ini Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan yang di handel langsung oleh Dinas Propinsi untuk mengadakan kegiatan Bimtek dengan mengundang penerbit tingkat nasional.

"Harapannya Dinas Pendidikan melalui pendidikan wilayah di Kabupaten Pacitan itu ikut berpartisipasi di dunia pendidikan yaitu dengan menyelenggarakan workshop dan bimtek KTI yang ditindak lanjuti dengan publikasi ilmiah berupa buku," kata Wahyu.

Penambahan dari guru Bahasa Inggris SMKN Ngadirojo, Kukuh Santoso mengatakan, kegiatan ini sangat berguna sekali bagi guru - guru di Kabupaten Pacitan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dan kapasibilitas mereka.

"Untuk membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diperlukan sarana atau metode kreasi  dalam meningkatkan pembelajaran," kata Kukuh.(tim)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama