Lokasi Samping Tebing, Rumah Warga Desa/Kecamatan Bandar Tertimpa Tanah Longsor

Jawapes Pacitan - Longsor terjadi dan menimpa rumah Padi warga Rt 02 Rw 17 Dusun Ngagik Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, sekitar pukul 04.00 Wib, Rabu (29/1/2020). Material tanah dan batu membentur atap dan tembok rumah  miliknya.

Babinsa, Serda Veri Wijaya menceritakan, lokasi tersebut diguyur hujan dan disertai angin kencang dalam waktu yang cukup lama. Sebab, material tanah dan batu-batuan besar membuat keselamatan warga terancam.

"Dari tebing samping rumah saudara Padi dengan ketinghian 4 meter yang berada disamping rumah mengalami longsor dan menimpa rumah, sehingga mengakibatkan tembok dan atap jebol dan rusak," kata Veri.

Lanjut Veri, sementara waktu,  keluarga Padi pindah ke rumah saudaranya, karena longsoran tersebut banyak batu yang berserakan di rumah Padi.

"Menurut data yang saya lihat, longsor ini berasal dari tebing setinggi 4 meter yang persis berada di sebelah rumah korban. Banyak material longsor yang terkumpul di dalam rumah, yang didominasi bebatuan.

"Awalnya ada retakan di tebing ditambah hujan deras  kemarin hingga mengakibatkan longsor," imbuh Veri.

Veri juga mengingatkan kepada masyarakat terkait bencana yang yang baru menimpa keluarga Padi,  dia pun menghimbau masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan untuk waspada bencana longsor.

"Kalau intensitas hujan deras dan durasinya lama perlu diwaspadai, harus segera mengungsi mencari tempat aman, juga perlu berhati - hati dan waspada akan terjadinya bencana alam, karena wilayah Kabupaten Pacitan sudah memasuki musim hujan," pungkasnya.(tim)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama