Mantan Kapolres Lumajang Masih Tetap Peduli Pada Keamanan Lumajang

Kapolres Lumajang

Jawapes Lumajang - Dengan banyak postingan di group tentang maraknya begal, pencurian sapi dan kriminal lain di Kabupaten Lumajang, AKBP. Dr. Muhammad Arsal Sahban S.H., S.I.K., M.M., M.H mantan Kapolres Lumajang dalam postingan media sosial Facebook nya angkat bicara dan merasa sedih dengan situasi saat ini.

“Sebagai mantan Kapolres Lumajang saya masih tetap peduli akan keamanan di wilayah Lumajang,” di kutip dari akun Facebook Arsal Sahban

Pondasi keamanan yang saya buat saya berharap bisa di teruskan oleh masyarakat lumajang khususnya progam satgas keamanan desa.

Saya berharap kepada para kepala desa serius mengaktifkan satgas keamanan desanya. Caranya dengan melengkapi sarana HT dan repeater, supaya mereka bisa berkomunikasi mengamankan desanya.

Melatih para Satgas nya bela diri untuk meningkatkan fisik dan kekompakan mereka. Pilih orang-orang yang memiliki kerelaan dan dedikasi tinggi untuk mengabdi kepada desanya.

“Yang perlu digaris bawahi tugas Satgas keamanan desa bukan setiap malam semua personilnya jaga malam dan patroli tapi setiap anggota Satgas harus mampu mengajak partisipasi masyarakat lainnya untuk jaga malam dan patroli bersama anggota Satgas pergantian untuk memimpin masyarakat jaga malam dan patroli untuk mengamankan desanya,” ujar Arsal dalam postingan Facebooknya.

Beberapa desa yang memiliki inovasi serta kreatif untuk menciptakan keamanan di lingkup desanya yang dapat ditiru dan dicontoh antara lain desa desa di Kecamatan Kunir. Mereka membuat paguyupan Satgas Keamanan Desa yaitu desa jatigono desa Jatirejo Desa Kunir Lor dan beberapa desa lainnya melebur menjadi satu.

Komando channel HT mereka menyatu sehingga apabila ada kejadian di salah satu desa maka desa lainnya ikut melakukan pengamanan dan pencarian. Hasilnya kriminalitas di Kecamatan Kunir sangat minim dan beberapa kejadian bahkan bisa terungkap oleh Satgas keamanan desanya.

Desa Sumber mujur Kecamatan Candipuro membuat one gate system setiap orang baru yang masuk wilayah Desa sumbermujur wajib melaporkan diri ke posko dan oleh Satgas akan diantar ke rumah tujuannya.

Lanjut Arsal, saya berharap masyarakat desa bisa bersatu mengkomunikasikan program ini dengan Kepala desanya cari bentuk terbaik yang bisa diterapkan di desanya.

Bila Satgas keamanan desa bisa optimal berjalan Lumajang pasti akan aman dan kondusif pariwisata akan berkembang dengan pesat masyarakat Lumajang akan sejahtera dan Lumajang akan menjadi kawasan yang maju.(Eko)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama