Ringankan Beban Petani, Pemkab Situbondo Anggarkan Bantuan Pupuk Urea Gratis

Bupati Situbondo berikan sambutan diacara sosialisasi program dan kegiatan pembangunan Tahun 2022


Jawapes, SITUBONDO - Pemkab Situbondo menggelontorkan anggaran sekitar Rp16 Miliar lebih untuk merealisasikan program pembagian pupuk urea non-subsidi gratis kepada puluhan ribu petani. Diharapkan bantuan tersebut bisa meningkatkan hasil panen para petani di Kabupaten Situbondo.


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Situbondo, Drs.H. Karna Suswandi,MM., saat menyampaikan sambutan dalam acara Sosialisasi Program dan Kegiatan Pembangunan Tahun 2022 di kantor Kecamatan Bungatan, Rabu, (16/3/2022).


Bupati menyampaikan total petani yang akan mendapatkan bantuan pupuk urea gratis di tahun 2022 sebanyak 21.631 orang, yaitu dengan rincian dari DAU sebanyak 7.666 orang dan DBHCHT ada 13.695 orang. Semuanya tersebar di 17 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Situbondo.


"Adanya bantuan pupuk urea gratis ini diharapkan dapat meringankan beban para petani kecil ditengah kelangkaan dan mahalnya harga pupuk. Walaupun tidak banyak, Insyaallah bisa membantu para petani kita,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Bung Karna (sapaan akrabnya) mengatakan, anggaran pembagian bantuan pupuk urea gratis ini berasal dari APBD Tahun 2022. Sumbernya dari DAU sebanyak Rp5.750.000.000 dan DBHCHT sejumlah Rp10.272.000.0000, sehingga totalnya senilai Rp16.022.000.000. Para petani yang akan mendapatkan bantuan pupuk urea tersebut yakni yang memiliki lahan 0,4 hektare kebawah dan sudah terdaftar di E-RDKK Kementerian Pertanian.


Bupati Situbondo juga menjelaskan para petani penerima bantuan pupuk urea gratis dari Pemkab Situbondo ditahun ini bukan petani yang mendapatkan bantuan serupa di tahun 2021 kemarin karena biar sama-sama kebagian dan harus bergantian agar merata.


Suasana acara sosialisasi program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Situbondo Tahun 2022 di Kantor Kecamatan Bungatan

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo Drs. Haryadi Tedjo Laksono, M.Si. menerangkan, pembagian pupuk urea gratis rencananya akan dilaksanakan pada Bulan Oktober mendatang. Saat ini masih disiapkan untuk pengadaannya.


"Nanti setiap petani akan mendapatkan bantuan pupuk urea gratis sekitar 50 kilogram. Jadi sama seperti dengan tahun kemarin," jelasnya.


Turut hadir dalam giat tersebut Wabup Situbondo Hj. Khoirani, S.Pd.,M.H., Ketua TP-PKK, Hj Juma’ati Karna Suswandi, jajaran kepala OPD di lingkungan Pemkab Situbondo, Forkopimka Bungatan dan seluruh kades se-Kecamatan Bungatan. (*)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan