Gandeng BLK, Disnaker Situbondo Adakan Pelatihan Keterampilan Kerja

Kepala Disnakertrans dan BLK memberikan tas dan kartu tanda peserta pelatihan secara simbolis

Jawapes, SITUBONDO - Upaya percepatan pembangunan dalam rangka penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat, Disnakertrans Situbondo menggandeng UPT BLK mengadakan pendidikan dan pelatihan keterampilan masakan buah naga bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi Tahun 2022, bertempat di Aula Kantor Disnakertrans, Senin (14/2/2022).


Didik Sulistyono, SH., M.Si., selaku Kepala Disnakertrans Situbondo mengatakan adanya pandemi Covid-19 berdampak perekonomian masyarakat Situbondo sedikit mengalami penurunan dan para remaja sulit mencari kerja, sehingga pihaknya bekerja-sama dengan BLK Situbondo mengadakan pelatihan kerja bagi pencari kerja usia produktif. Jadi setelah dilatih diharapkan mereka bisa mandiri dan mampu menciptakan lapangan kerja, bahkan dapat merekrut tenaga kerja untuk mengurangi angka pengangguran. Alasan pelatihan keterampilan menggunakan bahan baku buah naga karena mudah didapat dan harganya terjangkau.


"Usai diberikan materi pelatihan, kami akan menindak-lanjuti dengan memonitoring dan evaluasi kelompok peserta yang sudah dilatih dan melakukan pembinaan setiap tiga bulan sekali," ucapnya.


Pujianto selaku Kepala BLK Situbondo menyampaikan pesan kepada para peserta pelatihan agar tetap semangat, terus berkreasi dan berinovasi karena sebagai kunci untuk menggapai kesuksesan. Pihaknya selalu mendukung program-program Disnaker karena satu atap dan tugas, jadi selalu bersinergi untuk menuntaskan ketenagakerjaan. Nanti instruktur BLK akan memberikan materi keterampilan mengelolah buah naga menjadi berbagai menu olahan makanan kepada peserta pelatihan. Jadi kalau sudah diolah menjadi makanan atau minuman harga nilai jualnya bisa lebih tinggi.


"Usai pelatihan, masing-masing peserta akan diberi sertifikat dan diuji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi," pungkasnya.


Pantauan awak media ini, acara tersebut turut dihadiri Kabid Pelatihan Kerja dan Produktifitas Maharani AM, SH., Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Ewilda Rubi Widodo, SH beserta staff, instruktur BLK Situbondo dan para peserta pelatihan kerja sebanyak 20 orang. (Fin/Saihu)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan