Fasilitasi UMKM Melalui E-Commerce, Dinas Koperasi Ciptakan Inovasi Rumah Digital

Narasumber e-commerce saat memberikan arahan dan sosialisasi kepada peserta UMKM


Jawapes, SITUBONDO – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Situbondo adakan sosialisasi dan fasilitasi kemitraan melalui e-commerce, salah satu hotel di Kabupaten Situbondo, Senin (16/11/2021).


Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendorong generasi muda agar mampu memanfaatkan layanan digital marketing sebagai peluang berwirausaha atau entrepreneurship. 


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Situbondo, Drs Nugroho, M.Si., mengatakan, sosialiasi e-commerce dilakukan dalam rangka memfasilitasi para pelaku UMKM di Kabupaten Situbondo agar mampu bersaing memasarkan produknya melalui media online. Saat ini, bisnis online tidak dibatasi dengan tempat ataupun waktu.


“Nanti ketika dimasukkan ke dalam aplikasi online, siapapun bisa melihat dan dapat membeli secara online. Dengan demikian, kami mengundang beberapa narasumber antaranya dari Bukalapak, atau pemateri lain yang ahli bidang IT,” ucapnya.


Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa untuk mendukung sarana e-commerce, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro mengambil langkah inovasi pembuatan rumah digital UMKM, tujuannya adalah menyiapkan satu tempat untuk digunakan membantu dalam pemasaran produk para pelaku UMKM secara digital. Selain itu juga menyiapkan tempat untuk menjual produk secara manual atau konvensional. 


"Dengan adanya e-commerce ini, diharapkan mereka bisa terus memasarkan produk, tanpa harus dibatasi oleh tempat. Karena bisnis online tentu tidak mengenal waktu. Jadi kalau kita buka toko, jam 7 sampai 8 malan sudah tutup, tapi kalau online waktunya 24 jam,” kata Nugroho. (Fin)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan