Target Desember Selesai, DPPKB Situbondo Gelar Vaksinasi

Kepala DPPKB Situbondo didampingi penanggung jawab Klinik NU Bina Jasmani saat memantau pelaksanaan vaksinasi kepada kader KB

Jawapes, SITUBONDO - Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Situbondo bekerja-sama dengan Klinik NU Bina Jasmani menyelenggarakan kegiatan pelayanan vaksinasi gratis kepada para kader KB dan masyarakat umum di Klinik setempat, Kecamatan Kapongan, Sabtu (4/9/2021).


Acara tersebut dihadiri langsung Kepala DPPKB Situbondo, Drs. H. Imam Ghazali, Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DPPKB Desy Tariustanti, Tim petugas vaksinator dari Puskesmas Kapongan dan Klinik NU Bina Jasmani serta para Kader KB calon penerima vaksinasi Covid-19.


Kepala DPPKB Situbondo mengatakan pihaknya melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dengan tujuan sasarannya kepada keluarga besar kader KB yang belum menerima suntikan vaksinasi, yakni mulai dari ditingkat dusun, desa hingga kecamatan. Hal tersebut berdasarkan instruksi dari pemerintah pusat, dan saat ini sedang dilakukan uji coba vaksinasi perdana di Kecamatan Kapongan. Para kader Kb juga turut aktif membantu mencari sasaran calon penerima vaksin dan untuk pelaksananya adalah bidan mandiri.


DPPKB Situbondo menjalin kemitraan dengan Klinik NU Bina Jasmani dalam memberikan pelayanan pemasangan KB implan dan vaksinasi gratis kepada masyarakat, rencana kedepannya akan membuka layanan akseptor MOP. Petugas vaksinatornya dari tim medis Puskesmas Kapongan dan Klinik NU Bina Jasmani serta dibantu bidan KB.


"Kami berharap pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan dengan lancar dan target DPPKB bersama asisten di bulan Desember 2021 sudah selesai di seluruh wilayah Kabupaten Situbondo," harapnya.


Sementara itu, dr. Sudharmono selaku Penanggung Jawab Klinik NU Bina Jasmani mengatakan sementara ini masih ada 15 orang yang datang untuk divaksin, namun ada 2 orang yang ditunda karena tidak lolos pada tahap screening. Jika kondisinya sudah stabil baru bisa dilakukan penyuntikan vaksinasi. Pelaksanaan pelayanan vaksinasi di Klinik NU Bina Jasmani rutin dilakukan setiap hari Selasa dan Sabtu, maka dalam seminggu ada 2 kali. Sejak dibukanya Klinik NU Bina Jasmani salah satu programnya adalah berperan aktif untuk membantu program pemerintah dalam mensukseskan vaksinasi.


"Kita melayani vaksinasi dosis satu dan dua dengan jenis Sinovac dan Astra Zeneca. Kami juga berpesan kepada masyarakat bahwa vaksinasi merupakan bentuk ikhtiar supaya tetap sehat dan tidak mudah terpapar virus corona, lalu tujuannya bisa terbentuk herd immunity," terangnya. (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama