Menghadapi Pekan Olah-Raga Porprov Jatim, Atlit Kabupaten Situbondo Mengikuti Tes Parameter Fisik

para atlit saat mengikuti tes parameter fisik guna menghadapi pekan olah-raga Porprov Jatim 2022

 

Jawapes, SITUBONDO - Sebanyak ratusan atlet dari 30 cabang olahraga di Kabupaten Situbondo mulai mengikuti tes parameter fisik guna persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim, yang rencananya digelar pertengahan tahun 2022, Jumat (24/9/2021).


Ketua panitia tes parameter fisik atlet, Harizki Firman Tadiansyah mengatakan tes parameter fisik merupakan tahap awal yang harus dilalui para atlet untuk diproyeksikan berlaga pada ajang Porprov Jatim tahun depan. Tujuannya untuk melihat kemampuan fisik atlet dan melihat sejauh mana hasil latihan yang sudah dicapai selama program latihan.


"Melalui tes parameter fisik ini, nantinya akan diklasifikasi standar kebugaran atlet, mulai dari kurang baik hingga sangat baik. Atlet yang punya nilai standar sangat baik akan memasuki pusat latihan kabupaten (puslatkab)," jelasnya.


Lebih lanjut, bagi atlet yang nilainya cukup akan dipertimbangkan untuk masuk puslatkab dengan melihat prestasi yang bersangkutan.


Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Situbondo Sadi menjelaskan selama pandemi dan diberlakukannya pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), program latihan atlet ikut terkendala.


"Melalui tes parameter fisik ini, kami akan melihat sejauh mana keberhasilan program latihan para atlet," ujarnya.



Lebih lanjut, ia mengatakan ada 17 item penilaian tes parameter fisik atlet, antara lain indeks masa tubuh, antropometri, vertical jump, push up, sit up, power tungkai, sprint (30 meter), multistage fitnes test, dan pemulihan. KONI telah melakukan berbagai persiapan sebagai tuan rumah Porprov Jatim 2022, salah satunya mempersiapkan atlet, melalui tes parameter yang berlangsung selama tiga hari.


"Atlet sudah kita persiapkan, termasuk venue untuk 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Situbondo. Ada 12 cabang olahraga yang digelar, yakni meliputi voli pantai, selam OBA, selam fin swimming, hoki, judo, angkat berat, anggar, panjat tebing, pentang, angkat besi, bina raga, dan sepak bola," terangnya. (Fin/Ant)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama