UPT BLK Situbondo Adakan Pelatihan Kerja Institusional dan MTU

Pendamping pelatihan kerja UPT BLK saat memberikan instruksi kepada peserta dalam mengikuti praktek kejuruan las

Jawapes, SITUBONDO - UPT BLK Situbondo adakan pelatihan kerja tahun 2021 berbasis institusional yang dimulai pada akhir Bulan Februari dan diikuti sebanyak 80 peserta di ruang praktikum BLK Situbondo, Senin (22/3/2021).


Mokhamad Amroji, S.Sos., M.M., selaku Kassubag UPT BLK Situbobdo mengatakan, ada lima kejuruan yang ditempuh oleh para peserta, yaitu kejuruan las, salon, otomotif, komputer COA dan komputer POA yang setiap masing-masing kelas ada 16 orang peserta, karena situasi pandemi Covid-19. Selain pelaksanaan pelatihan kerja institusional di internal BLK, juga dilakukan pelatihan kerja bersifat MTU (Mobile Training Unit) digelar diluar seperti desa atau kelurahan. Pelaksanaan kejuruan di tumpu oleh dua anggaran yaitu dari APBD dan APBN. Para siswa atau peserta setelah lulus mengikuti pelatihan akan dikembangkan kompetensinya melalui ujian.



"Jadi dari 16 siswa persetiap kelas setelah mendapatkan sertifikat pelatihan kerja, maka diuji kembali kompetensinya dengan mengajukan kepada BNSP.  Nanti pengujinya adalah pihak ketiga yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sesuai dengan kejuruannya masing-masing" paparnya.


Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa ibaratnya UPT BLK adalah tempat untuk melatih kemampuan (skill) agar siap kerja kepada masyarakat dan membantu mencari lapangan pekerjaan sesuai keahliannya. (Fin/Saihu)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan