BERSYUKUR DI HARI SPESIAL REYHAN.

 Reyhan & Kedua Orang Tua
    

Jawapes Surabaya - Anak usia 1 tahun memiliki perkembangan yang sangat cepat. Orang tua sudah seharusnya untuk selalu memantau perkembangan anak. Lahir dengan kemampuan terbatas, anak kemudian belajar merangkak, berjalan, hingga berlari. Dari yang awalnya tidak bisa berbicara kemudian mampu mempelajari bahasa sederhana seperti panggilan anggota keluarga, meniru kata-kata, hingga belajar menghitung.

Perkembangan bahasa tersebut semakin bertambah dari waktu ke waktu. Pada usia 2 tahun, anak paling tidak sudah bisa menguasai setidaknya 50 hingga 100 kosakata. Di sini orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk mengajari sang anak berbagai macam kosakata.


   

Pada hari yang Spesial ini, (minggu 16/02/2020) keluarga besar dari Reta Frislianda (ibu muda yang cantik energik),  merayakan syukuran pada hari ulang tahun anak pertamanya Reyhan Zavier Frisdhitama.
Pada acara syukuran tersebut, hadir para tetangga, sahabat, handai taulan, saudara dan keluarg. Bersuka cita bernyanyi bersama dan pembagihan beberapa hadiah untuk anak anak Yatim Piatu yang hadir ikut merayakan ulang tahun. Tak lupa juga lantunan Sholawat Nabi mengiringi acara syukuran. Rasanya ada kebahagiaan tersendiri dalam acara syukuran anak pertamanya. Walaupun si Reihan agak rewel di karenakan mengantuk hehehee.... 


   

Dalam menyambut kelahiran bayi warga jawa mempunyai beberapa upacara khusus yangģ biasa dilakukan. Semua upacara ini memiliki tujuan sebagai pencerminan rasa terima kasih kepada karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa berbentuk momongan yang jadi harapan setiap orang tua.

Selain sebagai sebuah bentuk rasa syukur, bermacam upacara yang sesuai dengan kebiasaan jawa untuk menyambut kelahiran bayi kebanyakan juga dilaksanakan sebagai suatu bentuk doa agar si jabang bayi dan keluarganya tetap diberi kesehatan, kasih sayang dan kebahagian oleh Sang Pencipta.


     

Berikut ini beberapa upacara tradisi jawa yang dikerjakan sewaktu kelahiran bayi, yakni:
1. Perayaan Menimbum Ari-ari.
Menurut masyarakat jawa ari-ari mempunyai “jasa” yang cukup besar sebagai batur bayi (sahabat bayi) sejak di dalam kandungan. Oleh karena itu semenjak fungsi utama ari-ari selesai dikala bayi lahir, organ ini akan terus dirawat dan dikubur sedemikian rupa sebagai bentuk penyempurnaan hidup.
2. Perayaan Brokohan.
Brokohan merupakan sabuah upacara adat jawa untuk menyongsong kelahiran bayi yang dilaksanakan satu hari sesudah bayi lahir. Kata Brokohan sendiri disadur dari kata barokah-an, yang bermakna memohon berkah dan keselamatan untuk kelahiran bayi.
3. Perayaan Sepasaran.
Sepasaran jadi suatu upacara tradisi jawa yang dilakukan sesudah lima hari semenjak kelahiran bayi. Dalam upacara tersebut pihak keluarga mempersilahkan tetangga sekitar beserta keluarga besar untuk turut mendoakan atas bayi yang sudah dilahirkan. Adapun inti dari acara sepasaran ini adalah upacara selamatan sekalian memberitakan nama bayi yang telah lahir.


  

4. Perayaan Puputan.
Upacara puputan dilaksanakan dikala tali pusar yang menempel terhadap perut bayi udah putus. Pelaksanaan upacara ini umumnya berbentuk kenduri memohon pada Tuhan YME agar si anak yang telah puput puser senantiasa diberkahi, diberi keselamatan dan kesehatan.

5. Ibadah Aqiqah
Akulturasi budaya Jawa dengan Islam benar-benar tampak pada acara Aqiqah. Upacara yang dilaksanakan setelah melewati waktu tujuh hari pasca kelahiran bayi itu kebanyakan dikerjakan dengan pemotongan hewan kurban yang berbentuk domba. Bila bayi yang dilahirkan cowok umumnya menyembelih 2 ekor kambing, dan andaikan anak yang dilahirkan adalah perempuan maka bakal menyembelih satu ekor kambing.

6. Perayaan Selapanan.
Perayaan Selapanan dilaksanakan 35 hari (selapan) pasca kelahiran bayi. Perayaan selapanan ini dijalankan bersama urutan Acara tasyakuran weton (kenduri hari kelahiran), pemotongan rambut bayi hinngga gundul dan pemotongan kuku bayi.


Mbah Kung lagi ngumpul

      
Perkembangan anak tentu saja menjadi hal yang membahagiakan bagi orang tuanya. Maka dari itu, biasanya orang tua menggambarkan kebahagiaannya dengan cara merayakan ulang tahun buah hatinya setiap tahun. Ketika ulang tahun anak tiba, orang tua akan disibukkan dengan aktivitas mencari hadiah yang paling tepat untuk anak.

Berbagai macam hadiah seperti buku cerita bergambar, peralatan makan, mainan, dan lainnya akan menjadi hadiah yang akan disukai anak-anak. Namun ketika membelikan mainan, orang tua harus memastikan bahwa bahan yang digunakan tersebut aman untuk anak.



"Selamat ulang tahun untuk bintang kecil di keluarga yang paling bersinar. Semenjak kamu lahir, keluarga kita semakin penuh dengan cinta dan kebahagiaan. Kami berdua akan selalu setia mendampingi setiap perkembanganmu. 
Selamat ulang tahun anakku, nikmati kebahagiaan di hari ini". Ucapan Reta di dampingi suaminya Krisna mengakhiri acara tasyakuran.

(C San).

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama