SMPN 1 Situbondo Hadirkan Inovasi S-Teler dengan Beragam Fitur

Salah satu siswi SMPN 1 Situbondo mengakses website inovasi S-Teler 

Jawapes, SITUBONDO - Guna meningkatkan minat baca dan kegiatan berliterasi pada siswa-siswi khususnya. SMPN 1 Situbondo memiliki inovasi S-Teler (Spensasi Smart Teen Library) perpustakaan berbasis digital yang mudah diakses. 


Dikonfirmasi awak media, Sabtu (25/5/2024). Plt Kepala Sekolah SMPN 1 Situbondo, Dra. Hj. Sri Rahaju Supandi, M.Pd., mengatakan, di era digitalisasi saat ini, sekolah harus terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman

dengan memanfaatkan kecanggihan tekhnologi. Contohnya dalam hal minat baca dan literasi, saat ini siswa lebih cenderung menyukai kegiatan berliterasi di dunia digital. Maka untuk meningkatkan daya tarik minat tersebut, pihaknya perlu memberikan fasilitas yang mudah dan menyenangkan bagi siswa-siswi dalam berliterasi.


"Sebagai upaya memberikan fasilitas yang mudah dan menyenangkan, SMPN 1 Situbondo menghadirkan inovasi S-Teler berbasis digital yang bisa diakses dan dimanfaatkan oleh siswa ataupun masyarakat umum. Perlu diketahui, S-Teler merupakan inovasi perpustakaan digital pertama yang dikelola secara mandiri oleh pendidik dan tenaga kependidikan SMPN 1 Situbondo yang terintegrasi langsung ke website Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo. Proses aksesnya mudah, tinggal membuka google dan langsung mengetik laman website https://s-teler.com," jelasnya.


Lebih lanjut, Kepala SMP Negeri 1 Situbondo yang akrab dipanggil Bu Yuyun memaparkan, ada banyak fitur-fitur yang ditampilkan dalam inovasi S-Teler. Pertama, fitur koleksi : menampilkan informasi buku cetak dan yang tersedia di perpustakaan. Kedua, fitur narasi : pengunjung bisa membaca berita terkini yang terangkum dalam web tersebut. Ketiga, fitur karya siswa : fitur ini menampilkan banyak karya peserta didik yang dapat diakses oleh pengunjung. Keempat, data peminjaman: fitur tersebut menampilkan riwayat peminjaman bagi masing-masing pengunjung.


"Kelima, Spensasi Library Award : fitur ini bermanfaat untuk memberikan penghargaan kepada peserta didik yang paling banyak dan aktif dalam kegiatan literasi. Keenam, Pusat Layanan dan Informasi: fitur yang memberikan layanan jika ada pertanyaan, kritik dan saran dari pengunjung terkait S-Teler yang dapat ditanggapi oleh admin," terangnya.


Menurutnya, dengan adanya inovasi S-Teler banyak dampak positif. Yaitu, perpustakaan sekolah lebih aktif dan banyak pengunjung, baik secara langsung ataupun digital. Lalu, peserta didik yang dikemas dalam ekstrakurikuler jurnalistik lebih semangat membuat tulisan kegiatan sehari-harinya melalui fitur narasi serta pengunjung mendapat informasi katalog buku dengan cepat. Selanjutnya, ada layanan informasi dari pengunjung untuk bahan evaluasi, peremajaan buku dan peningkatan pelayanan perpustakaan.


"S-Teler juga diikutkan dalam lomba Inovasi daerah Kabupaten Situbondo, yang sekarang sudah masuk tahap akhir," pungkasnya. (Fin)


Pembaca

8 Komentar

  1. Semoga S-TELER menjadi Inovasi Terbaik 🀲🏻🀲🏻

    BalasHapus
  2. Semoga S-Teler banyak memberikan manfaat untuk banyak orang. aamiin..

    BalasHapus
  3. Saya pikir resep pembuatan es,, ternyata aplikasi yg memudahkan siswa 😁😁

    BalasHapus
  4. MENYALA SPENSASIKUUπŸ”₯

    BalasHapus
  5. Keren, siswa siswi jadi bisa belajar dimana saja dengan praktis

    BalasHapus
  6. ditunggu inovasi selanjutnyaa spensasiikuu

    BalasHapus
  7. Es-teler penyemangat untuk menambah wawasan berliterasi, spensasi gemilang

    BalasHapus
  8. GenZ semakin dimudahkan πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama