DP3APPKB Situbondo Laksanakan Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung KB, Target Terpenuhi

Kepala DP3APPKB Situbondo membuka acara optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas 

 

Jawapes, SITUBONDO - Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo melaksanakan giat optimalisasi penyelenggaraan kampung Keluarga Berkualitas (KB), di Aula lantai II kantor Pemkab (27/3/2024).


Dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, Kepala DP3APPKB Kabupaten Situbondo, Imam Darmaji menyampaikan, sesuai dengan instruksi Presiden RI, nomor 03 Tahun 2022 bahwa kampung KB dikembangkan menjadi kampung keluarga berkualitas. Sebelumnya kampung KB ini menjadi kewenangan dari BKKBN. Tetapi sekarang dengan adanya Inpres tersebut kampung KB harusnya menjadi kegiatan yang terkonvergensi di 14 departemen atau lembaga. Jadi BKKBN sebagai inisiator tetap diminta menjadi leading sektor dalam pembentukan kampung KB.


"Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memenuhi target sasaran pembentukan kampung KB di Kabupaten Situbondo, yang keberadaanya sampai akhir Tahun 2023 sudah terbentuk 77 kampung KB dari 136 desa dan kelurahan. Artinya masih tersisa 59 desa/kelurahan belum terbentuk. Sebab sesuai instruksi Presiden nomor 3 Tahun 2022 tadi, bahwa di Tahun 2024 ini semua desa harus terbentuk kampung KB," ujarnya.


Imam Darmaji berharap kepada 59 pengelola kampung KB yang ada di desa/kelurahan, supaya pada tahun ini semuanya sudah membentuk kampung KB. Sedangkan untuk sasaran pada penyelenggaraan kegiatan pembentukan kampung KB, yaitu desa dan kelurahan yang masih belum dibentuk kampung KB.


"Harapan dari penyelenggaraan kegiatan ini dan dibentuknya kampung KB, semoga bisa mendorong kreatifitas, prakarsa dan peran masyarakat dalam pembangunan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harapnya.


Sementara itu dikonfirmasi awak media usai acara tersebut, Kabid Dalduk pada DP3APPKB Situbondo, Danik Sumartini menambahkan, setelah terlaksananya giat optimalisasi kampung KB pada hari ini, dari 136 desa/kelurahan yang ada semuanya sudah melakukan input di web kampung KB berkualitas, sehingga tercapai seratus persen. Artinya target terbentuknya kampung KB berkualitas di Kabupaten Situbondo Tahun 2024 ini sudah terpenuhi. 


"Ada proses yang sudah dilalui, yaitu variabel output dan variabel proses," paparnya. (Adv)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم