Puluhan CJH Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Puskesmas Panji

Petugas kesehatan Puskesmas Panji melakukan pemeriksaan kesehatan kepada CJH

 

Jawapes, SITUBONDO - Guna memenuhi syarat Istitha'ah dari aspek kesehatan agar memiliki kemampuan dalam melaksanakan ibadah haji. Sebanyak puluhan calon jamaah haji (CJH) pemberangkatan tahun ini mengikuti pemeriksaan kesehatan di UPT Puskesmas Panji.


Dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Rabu (10/1/2024). dr. Feros Rachmi Sugiharti tenaga medis Puskesmas Panji menjelaskan, adanya pemeriksaan kesehatan ini diharapkan para CJH tidak mengalami kendala kesehatan dan diberi kelancaran dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Oleh karena itu, Puskesmas Panji perlu melakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan diagnostik secara mendalam kepada CJH. Jika ada penyakit komorbid sudah disiapkan obatnya dan tentunya dioptimalkan terlebih dahulu kesehatannya sebelum berangkat ke tanah suci. Disini juga ada pemeriksaan kesehatan mental.


"Jadi nanti ketika berangkat haji harus dalam kondisi prima," ujarnya.


Lebih lanjut dr. Feros (sapaan akrabnya) menjelaskan, tahapan pemeriksaan kesehatan diawali dengan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Untuk pemeriksaan penunjang meliputi rekam jantung, rontgen dan pemeriksaan laboratorium. Jadi banyak hal yang dinilai. Kalau memang tidak ada kontra indikasi dan semuanya baik-baik saja, maka bisa melaksanakan ibadah haji di tahun ini. Setelah melakukan pemeriksaan, nanti hasilnya disampaikan kepada masing-masing CJH yang telah diperiksa kesehatannya.


"Ketika ada CJH yang kondisinya mengalami sakit berat, maka kita rujuk ke dokter spesialis. Selanjutnya dokter spesialis yang menentukan dan menerbitkan surat rekomendasi apakah ditunda atau bisa berangkat haji tahun ini," ujarnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم