DPMPTSP Situbondo Sosialisasikan Inovasi Sipeni

Kepala DPMPTSP Situbondo berikan sambutan dan arahan kepada peserta sosialisasi

 

Jawapes, SITUBONDO - Upaya mendekatkan pelayanan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada masyarakat, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Situbondo kembali mensosialisasikan program inovasi Safari Pengurusan Nomor Induk Berusaha (Sipeni), Kamis (18/1/2024) di aula kantor dinas setempat.


Dikonfirmasi awak media usai acara tersebut, Kepala DPMPTSP Situbondo Qurrotul Aini menjelaskan, giat sosialisasi ini merupakan keberlanjutan dari kegiatan layanan Sipeni yang sudah dilaksanakan pada Tahun 2023. Adapun sasaran inovasi Sipeni adalah pelaku usaha yang belum memiliki NIB dan diharapkan mereka bisa segera mengurusnya. Layanan pengurusan NIB melalui inovasi tersebut gratis tidak dipungut biaya.


"Dalam melaksanakan layanan inovasi Sipeni, kita hadir ke kecamatan dan desa-desa. Tahun 2023 kemarin tercapai 2.410 pelaku usaha yang terlayani mengurus NIB dari program inovasi Sipeni. Tahun 2024 kita targetkan 2.500 pelaku usaha," ungkapnya.


Lebih lanjut, Qurrotul menjelaskan, adapun manfaat dan keuntungan yang didapatkan oleh pelaku usaha yang sudah mempunyai NIB, yaitu usahanya memiliki legalitas dan ada kemudahan-kemudahan yang disiapkan oleh pemerintah. Misalnya kemudahan bagi pelaku usaha yang akan meminjam modal usaha, dimana pihak perbankan akan menanyakan NIB. Jadi ke depan hendaknya masyarakat agar segera mengurus NIB. Bagi yang ingin mengurus NIB supaya melengkapi persyaratan diri, yaitu KTP dan email. Selanjutnya, peserta sosialisasi hari ini diikuti oleh para pelaku usaha, perwakilan OPD terkait, camat dan perwakilan APDESI. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم