Bulan Ramadhan Semakin Dekat, Ini Perkiraan Tanggal Puasa Ramadhan Dimulai!

Bulan Ramadhan Semakin Dekat, Ini Perkiraan Tanggal Puasa Ramadhan Dimulai!
Pemerintah telah menetapkan Idul Fitri tahun ini, kapan puasa Ramadhan 2024 dimulai? (Foto: Antara)


Jawapes, SURABAYA - Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Pada bulan ini, umat muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat muslim.


Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Fitri tahun ini jatuh pada bulan April. Lantas, kapan puasa Ramadhan 2024 dimulai?


Untuk menentukan kapan awal puasa dimulai, digunakan acuan kalender Hijriah. Kalender Hijriah adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh umat muslim.


Kalender ini dihitung berdasarkan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Kota Makkah ke Madinah sehingga kalender ini disebut dengan kalender Hijriah.


Selain untuk menentukan kapan puasa, kalender Hijriah juga digunakan untuk menentukan tanggal terkait ibadah dan acuan sehari-hari penting bagi umat Islam. 


Kapan puasa Ramadhan 2024 dimulai?



Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 yang disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), Ramadhan 2024 jatuh pada 12 Maret 2024 dan berakhir pada 9 April 2024.


Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag merilis Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 sebagai acuan dalam hari-hari penting tahun 2024.


Kalender Hijriah Kemenag RI menetapkan awal puasa 2024 jatuh pada 12 Maret 2024, sedangan Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 1445 H atau puasa 2024 pada 11 Maret 2024.


Perbedaan tersebut dikarenakan pemerintah melalui Kementerian Agama RI masih menggunakan metode Imkanur Rukyah 2 derajat, sedangkan Muhammadiyah menggunakan metode Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.


Puasa Ramadhan berlangsung selama 29 atau 30 hari, tergantung sabit yang menandai awal bulan terlihat atau tidaknya. Apabila bulan tidak terlihat pada malam ke-29, maka Ramadhan akan berlangsung 30 hari. Namun, jika hilal terlihat, maka puasa berlangsung 29 hari saja. (Red).


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم