Asah Kemampuan Personel, Kodim 0830/Surabaya Utara Gelar Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) Teritorial

 



Jawapes Surabaya, - Dalam rangka membina dan memelihara kemampuan prajurit TNI AD bidang Teritorial khususnya yang bertugas di satuan kewilayahan. Kodim 0830/Surabaya Utara menyelenggarakan kegiatan Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) Teritorial TA. 2024 untuk Bintara dan Tamtama yang berlangsung di Aula Makodim 0830/Surabaya Utara, Rabu (24/1).


Sebelum pelaksanaan kegiatan Komandan Latihan Mayor Inf Heri Susanto Memaparkan Rencana Garis Besar Latihan kepada Dandim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho, S.I.P. dalam hal ini Sebagai Pimpinan Umum Latihan.


Latihan ini diikuti oleh seluruh prajurit jajaran Kodim 0830/Surabaya Utara khususnya para Babinsa yang mempunyai tugas dan tanggung jawab di wilayah binaan serta bersinggungan langsung dengan masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan dasar perorangan, agar mampu melaksanakan tugas-tugas  kewilayahan sesuai dengan peran dan fungsinya.


Kegiatan dibuka oleh Pasi Ops Kodim 0830/Surabaya Utara Mayor Inf Heri Susanto Selaku Komandan Latihan, dalam sambutannya ia mengatakan latihan ini harus dilaksanakan sesuai tingkat kecakapannya dalam menguasai materi militer umum. Kemudian penguasaan materi teritorial yang disesuaikan dengan standarisasi kemampuan Prajurit yang sudah diatur oleh Satuan Atas.


Selaku Komandan Latihan, pihaknya berharap para Babinsa Kodim 0830/Surabaya Utara dapat meningkatkan kemampuan materi militer umum dan penguasaan materi teritorial. “Waktu yang singkat tidak menjadi alasan. Jika seluruh peserta pelatihan mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh, pasti semua materi bisa diterima dengan baik untuk memelihara kemampuan teritorial,” tegasnya.


Materi latihan kali ini meliputi teknik tempur dasar perorangan, Pioner, Ilmu Medan, Cara Memberikan Instruksi, Pertolongan Pertama di Lapangan (Longmalap), Hukum dan Teritorial.


"Setiap kegiatan apapun yang dilaksanakan dengan semangat dan penuh dedikasi, pasti akan tercapai tujuan dan sasaran yang diharapkan," ujarnya.


"Kesiapan aparat Komando kewilayahan (Apkowil) akan terwujud dengan kegiatan belajar dan latihan secara teratur dan terukur yang dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut," lanjutnya.


Para Danramil dan Perwira Staf yang menjadi pemateri mengisi kegiatan Latorsar teritorial diantaranya, Mayor Inf Agung memberikan materi Spesialisasi Nikpursar, Mayor Inf Suwadi materi Ilmu Medan, Letda Inf Romli materi Pioner, Mayor Inf Slamet Prayitno materi Longmalap, Kapten Inf Achmad Maksum materi Hukum dan Mayor Chb Hermansyah materi Teritorial.


Diharapkan nantinya materi pengetahuan yang diberikan dapat dilaksanakan dan dipraktekkan dengan baik oleh anggota, pungkasnya.

( KB SBY)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم