Bimtek SPP TIK Program TPBIS Tahun 2023, Disperpusip Situbondo Sasar 7 Desa

Jawapes Indonesia
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo membuka acara bimtek replikasi desa SPP TIK program TPBIS


Jawapes, SITUBONDO - Tingkatkan minat baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Situbondo gelar Bimtek Replikasi Desa SPP TIK program TPBIS yang dilaksanakan selama dua hari, Senin (4/12/2023) di ruang Baluran, lantai II kantor Pemkab Situbondo.


Pada acara pembukaan tersebut, Kepala Disperpusip Kabupaten Situbondo Didik Sulistiyono mengatakan, tujuan pelaksanaan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang konsep transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TP-BIS) dan strategi pengembangannya. Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti Bimtek SPP TIK TP-BIS tahun ini sebanyak 21 orang berasal dari 7 desa yang akan menjadi replikasi desa program TPBIS Kabupaten Situbondo. Yaitu pesertanya terdiri dari kepala desa, penggerak PKK dan petugas perpustakaan desa. 


"Tujuh desa tersebut antaranya adalah Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan; Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo; Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus; Desa Sumber Waru, Kecamatan Banyuputih; Desa Tokelan, Kecamatan Panji; Desa Trebungan, Kecamatan Mangaran dan Desa Gebangan, Kecamatan Kapongan," paparnya.


Lebih lanjut, Didik Sulistiyono menjelaskan, tingkat kegemaran membaca di Kabupaten Situbondo pada Tahun 2022 adalah 46,7 persen dengan kategori sedang. Artinya kegemaran membaca pada masyarakat masih rendah. Sehingga mengharapkan, secara bersama-sama antara pemerintah daerah, desa sampai RT untuk tingkatkan minat membaca. Disisi lain, nantinya peserta bimtek dapat melaksanakan kegiatan di desanya untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat melalui program TPBIS.


"Jadi 7 desa tersebut sebagai pioner untuk melaksanakan kegiatan program TP-BIS di desanya masing-masing. Bimtek replikasi SPP TIK tahun ini diikuti 7 desa dan tahun depan akan lebih banyak lagi. Setelah pelaksanaan bimtek, tindak lanjutnya kita akan melakukan pemantauan dan evaluasi," jelasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم