Pelantikan 1.167 Pramuka Garuda Oleh Ketua Mabicab Cilacap Berlangsung Kidmat

Pelantikan 1.167 anggota gerakan Pramuka Garuda oleh Pj. Bupati Cilacap.

Jawapes, Cilacap - Pramuka Garuda Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan upacara dan peletakan batu pertama sebagai simbol serta melaksanakan pelantikan 1.167 anggota gerakan Pramuka oleh Ketua Mabicab Cilacap, diantaranya Pramuka Garuda golongan Siaga, Penggalang dan Penegak, Kamis sore (23/11/2023) Pukul 14.00 Wib di lapangan Desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni, Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Murri AP., MM, Jajaran pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab), Camat Bantarsari sekaligus Ketua Mabiran Drs. Hari Winarno M.Si, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Bantarsari, pengurus/andalan Kwartir Ranting Bantarsari, para Guru dan anak didik se Kecamatan Bantarsari serta undangan lainnya.

Pj. Bupati Cilacap dan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Awaluddin Murri AP., MM menyampaikan, bahwa pendidikan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka merupakan pendidikan non formal yaitu pendidikan yang dilaksanakan diluar pendidikan sekolah dan diluar lingkungan keluarga. 

Peletakan batu pertama oleh Pj. Bupati Cilacap sebagai simbol pembangunan Sanggar Pramuka Kwaran Bantarsari.

"Pendidikan kepramukaan itu merupakan penunjang bagi pendidikan disekolah maupun dalam lingkungan keluarga, antara lain mengenai kedisiplinan, ketrampilan, persaudaraan, bakti kepada masyarakat dan juga sebagai pembentukan watak," ujarnya dalam mimbar sambutan.

Pj. Bupati Cilacap menambahkan, anak didik khususnya di Kabupaten Cilacap diharapkan kedepannya menjadi generasi penerus bangsa yang kuat, berbudi luhur dan menjadi pahlawan bangsa yang tidak hanya dimedan perang melawan penjajah namun harus menjadi generasi penerus yang jujur, adil dan amanah dalam segala hal.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Cilacap Sujito mengatakan, anggota muda yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, baik Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega serta sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda maka berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina Gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan naik ke tingkatan Garuda.

"Anggota muda yang mencapai tingkatan berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir untuk dapat mengikuti uji kelayakan naik ke tingkatan Garuda apabila sesuai persyaratannya," katanya.

Adapun dalam peletakan batu pertama sebagai simbol pembangunan Sanggar Pramuka Kwaran Bantarsari oleh Mabicab, Waka Kwuarcab Cilacap Bidang Keuangan H. Drs. Sudarno SH., M.Si berjanji akan membangun pagar Sanggar dengan menggunakan dana pribadi dengan volume 90 × 1,75 Meter.(Juki/Mugiono)

Pembaca

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama