Disperpusip Situbondo Adakan Workshop Penerapan Aplikasi Perpustakaan Inlislite Guna Peningkatan Kualitas Pengelolaan

Sekdakab Situbondo Wawan Setiawan memberikan arahan dan sekaligus membuka acara workshop penerapan aplikasi perpustakaan 

Jawapes, SITUBONDO - Tingkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan, maka pemerintah daerah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Situbondo mengadakan giat workshop penerapan aplikasi perpustakaan inlislite bagi pengelola perpustakaan tingkat sekolah, yang berlangsung di ruang Baluran, kantor pemkab setempat, Kamis (9/11/2023). Kegiatan workshop tersebut secara resmi dibuka langsung oleh Sekdakab Situbondo, Wawan Setiawan.


Dalam sambutannya, Sekdakab Situbondo mengatakan, salah satu upaya untuk mewujudkan manusia berkualitas dan berdaya saing, yaitu melalui pembentukan karakter dengan melakukan peningkatan budaya literasi, inovasi dan kreativitas. Kegiatan workshop ini sangat penting dilaksanakan karena penggunaan aplikasi manajemen perpustakaan merupakan langkah dalam meningkatkan efisiensi, aksebilitas dan pelayanan perpustakaan.


"Dengan menggunakan aplikasi perpustakaan, para pengelola dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal dan responsif kepada pengguna perpustakaan. Seperti peminjaman, pengembalian dan permintaan informasi dapat ditangani dengan lebih cepat dan tepat," ujarnya.


Lebih lanjut, Wawan Setiawan berharap melalui pelaksanaan workshop ini bisa menjadi bekal bagi para peserta dalam mengelola perpustakaan di sekolahnya masing-masing. Ia juga mengingatkan kepada peserta untuk ngelink ke perpustakaan di daerah, provinsi dan pusat. Sehingga di perpustakaan ketersediaan buku lengkap. Jadi ketika membuka website perpustakaan mencari buku apapun yang dibutuhkan akan tersedia.


Sementara itu saat dikonfirmasi awak media disela-sela acara workshop, Kepala Disperpusip Situbondo Didik Sulistiyono menjelaskan, kegiatan workshop ini dilaksanakan selama satu hari dan diikuti sebanyak 35 orang peserta. Selama ini penerapan aplikasi perpustakaan sudah berjalan dan pembinaan dilakukan secara face to face. Hari ini Disperpusip mengumpulkan para pengelola perpustakaan tingkat sekolah untuk diberikan pembinaan melalui workshop. Menurutnya dengan menggunakan aplikasi perpustakaan inlislite, mereka bisa mengakses secara online untuk melihat daftar buku yang tersedia di perpustakaan.


"Di sini peserta workshop diberi bekal materi dan langsung praktek dengan  bimbingan dari pemateri.  Berikutnya tujuan dari workshop penerapan aplikasi perpustakaan, yaitu nantinya dapat memudahkan siswa dan masyarakat dalam mencari daftar-daftar buku yang diperlukan. Jadi harapannya aplikasi perpustakaan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم