Bupati Situbondo Launching BIAS 2023, Sasar Siswa SD

 

Bupati Situbondo didampingi Plt Kepala Puskesmas Panji meninjau pelaksanaan bulan imunisasi anak sekolah

Jawapes, SITUBONDO - Bupati Situbondo Karna Suswandi secara resmi melaunching Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Tahun 2023, yang ditandai dengan pemukulan gong. Acara tersebut berlangsung di Aula SDN 1 Mimbaan, Kecamatan Panji, Senin (18/9/2023).


Dalam sambutannya, Bupati Situbondo Karna mengatakan, pelaksanaan BIAS ini sangat penting dalam rangka menjaga kesehatan anak didik dan bahkan lebih jauh untuk menjaga kesehatan masyarakat Indonesia di masa depan. Sebab dengan imunisasi ini, tubuh akan menjadi kebal terhadap penyakit tertentu. Pihaknya berharap sinergitas antara Dinas Kesehatan dan Dispendikbud dapat terus terjalin agar program BIAS bisa berjalan di semua sekolah tingkat SD sederajat.


"Saya berharap Dinas Pendidikan Situbondo bisa menyediakan waktu di masing-masing sekolah untuk pelaksanaan BIAS ini. Kita juga berharap pelaksanaan BIAS di lapangan bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kendala apapun," harapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, dr. Sandy Hendrayono menjelaskan, program BIAS dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, yakni di mulai pada Bulan Agustus sampai November. Petugas kesehatan Puskesmas akan mendatangi semua sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Situbondo. Sedangkan tujuan dari pelaksanaan pemberian imunisasi BIAS kepada anak sekolah tingkat SD/MI sederajat untuk menanggulangi penyakit tetanus, campak dan rubella. Khususnya bagi remaja puteri kelas V dan kelas VI ada imunisasi HPV untuk mencegah penyakit akibat kanker serviks.


"Saat ini kematian akibat kanker serviks menjadi perhatian atau prioritas dunia. Imunisasi di sekolah ini adalah kelanjutan dari imunisasi dasar yang dilaksanakan pada saat usia balita. Tujuan berikutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan anak terhadap penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi," ungkapnya.


Pantauan awak media, acara tersebut turut dihadiri Sekdakab Situbondo, Plt Kepala Dispendikbud Situbondo beserta jajaran, jajaran Forpimka Panji, Plt Kepala Puskesmas Panji, Kepala Sekolah dan tenaga pendidik, serta perwakilan siswa-siswi SDN 1 Mimbaan. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم