Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Puluhan Ibu-ibu Ikuti Pelatihan

Sekretaris DP3APPKB Kabupaten Situbondo berikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan pelatihan keterampilan memasak

Jawapes, SITUBONDO - Sebagai bentuk pemberdayaan terhadap kaum perempuan khususnya di bidang ekonomi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo mengadakan pelatihan keterampilan memasak selama tiga hari di gedung pertemuan Asri, Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Jumat (21/7/2023).


Dikonfirmasi awak media usai membuka acara pelatihan tersebut, Sekretaris DP3APPKB Situbondo, Ida Martiyana menjelaskan, sasaran peserta pelatihan memasak pada saat ini adalah ibu-ibu warga Desa Kilensari sebanyak 25 orang. Harapannya setelah mengikuti pelatihan mereka mempunyai keahlian dan keterampilan untuk menjadi wirausaha baru yang bergerak di kuliner. Selanjutnya, peserta pelatihan akan diajarkan keterampilan memasak membuat nugget, sempol, keripik dari bahan dasar daun kelor dan lainnya.


"Pemberdayaan ekonomi perempuan diperlukan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Kemudian, mengingat pentingnya penguatan dan optimalisasi perempuan secara berkesinambungan dalam kehidupan ekonomi, maka DP3APPKB Situbondo melaksanakan keterampilan memasak," ujarnya.


Lebih lanjut, Sekretaris DP3APPKB Situbondo menambahkan, pemerintah saat ini menyelenggarakan berbagai program kegiatan pelatihan agar kaum perempuan mempunyai keahlian dan memulai membuat indsutri rumahan. Jadi mereka dapat menghasilkan uang dan tidak sepenuhnya bergantung pada suami sebagai kepala keluarga. Di sisi lain, tindak lanjut dari kegiatan pelatihan ini diharapkan para peserta bisa terus berkreasi dan memunculkan ide-ide baru. Sehingga menu hasil produk kuliner  lebih bervariasi, bisa dinikmati oleh masyarakat dan memiliki nilai jual. 


"Kami berpesan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya supaya mendapatkan hasil yang optimal dan bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga," pungkasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم