Sidi Mawardi Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Hadiri Ruwatan Bumi di Desa Cikakak

Pelaksanaan pagelaran wayang kulit dalam acara tradisi ruwatan bumi


Jawapes, BANYUMAS - Pemdes Cikakak, Kecamatan Wangon gelar ruwatan bumi atau lebih dikenal dengan sebutan sedekah bumi, yang merupakan tradisi budaya masyarakat Jawa dan rutin dilakukan setiap tahunnya.


Tradisi turun temurun ini digelar dalam rangka wujud rasa syukur warga masyarakat Dusun Gandarusa, Desa Cikakak atas limpahan nikmat dan rahmat Tuhan YME telah diberikan keselamatan, kesehatan, serta hasil alam yang melimpah.


Untuk memeriahkan acara sedekah bumi, pada malam harinya di gelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk bersama Ki Dalang Eko Suwaryo serta karawitan sekar Bima dari Jatirata, Kecamatan Buayan. Terlihat antusiasme warga Dusun Gandarusa Desa Cikakak dalam sedekah bumi ini. 


Hadir dalam acara tersebut Camat Wangon Arif S, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Sidi Mawardi, M.Si., kades setempat Akim HS beserta perangkatnya, TP PKK Desa Cikakak, Babinsa, bhabinkamtibmas, tokoh agama dan tokoh masyarakat.


Dalam sambutannya, Kades Cikakak Akim HS mengatakan bahwa, acara sedekah bumi ini terselenggara karena swadaya masyarakat secara sukarela.


"Sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur warga Desa Cikakak terhadap anugerah dari Allah SWT dan upaya tolak bala terhadap berbagai musibah," jelasnya. 


Sementara, menurut Sidi Mawardi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah mengatakan, acara seperti ini mengandung nilai nilai adat yang perlu dilestarikan dan dikembangkan karena sesuai dengan komitmen bersama akan adanya penguatan seni budaya yang digemari ditengah masyarakat. 


"Kami juga akan membahas tentang perda seni budaya di Jawa Tengah yang bertujuan agar ada pengembangan dan pelestarian," ucapnya. (Mugi)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم