Berdayakan Ekonomi Perempuan, DP3APPKB Situbondo Gelar Pelatihan Memasak

Ibu-ibu peserta pelatihan tampak antusias mengikuti pelatihan memasak 

Jawapes, SITUBONDO - Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi perempuan dan tingkatkan keahlian. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo adakan pelatihan memasak bagi ibu-ibu warga Kecamatan Besuki, bertempat di salah satu rumah warga, Desa Blimbing, Kecamatan Besuki. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari mulai Tanggal 4 sampai 5 Februari 2023.


Dalam sambutannya, Sekretaris DP3APPKB Situbondo, Ir. Ida Martiyana menjelaskan, kegiatan pelatihan ini merupakan program jaring aspirasi masyarakat (Jasmas) milik anggota DPRD Situbondo, Andi Handoko dan pelaksanaannya bekerja-sama dengan DP3APPKB. Menurutnya, pemberdayaan ekonomi perempuan dinilai sebagai jalan keluar yang tepat untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Oleh karena itu, pemerintah menggelar berbagai program pelatihan agar kaum perempuan memiliki keahlian yang dapat membuat mereka memulai industri rumahan dan menghasilkan uang, sehingga tidak sepenuhnya bergantung pada suami sebagai kepala keluarga.


"Pemberdayaan ekonomi perempuan diperlukan untuk pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Peningkatan partisipasi perempuan dalam ekonomi begitu penting untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah kondisi pemulihan ekonomi saat ini," jelasnya.


Lebih lanjut, Sekretaris DP3APPKB Situbondo menambahkan, pengelolaan yang komprehensif tentang upaya pemberdayaan ekonomi perempuan melalui pengembangan manajemen usaha kecil dapat melengkapi pengetahuan dalam menjalani dan mengelolah usaha kecil. Maka dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi fakta dan data bahwa perempuan sangat sering menjadi pihak yang lemah, terutama di bidang ekonomi.


"Saya berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini sampai selesai dan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang optimal serta bermanfaat guna meningkatkan pendapatan keluarga," pesannya.


Acara pelatihan tersebut dihadiri langsung Anggota DPRD Kabupaten Situbondo, Andi Handoko, Camat Besuki, Kepala Desa Blimbing dan puluhan peserta. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم