Prosesi Kirab Pusaka Hari Jadi Banyumas Ke-452, Masyarakatnya Antusias

Prosesi Kirab Pusaka Hari Jadi Banyumas Ke-452, Masyarakatnya Antusias
Kirab Pusaka, Bupati Achmad Husen beserta Istri dikawal Bawor Banyumas.


Jawapes, Banyumas - Prosesi Kirab Pusaka dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 452 tahun dengan tema Banyumas Tatag, Teteg, Tutug digelar, Minggu (19/02/2023) Pukul 09.30 Wib dengan rute start dari Pendopo Wakil Bupati Banyumas hingga Alun-alun Purwokerto dan Finis di Pendopo Sipanji Purwokerto Kabupaten Banyumas.

Acara tersebut sudah menjadi ajang budaya bagi masyarakat Banyumas, dimana empat Pusaka berupa Tombak Kyai Genjring, Keris Kyai Gajah Endro, Keris Kyai Nalapraja dan Keris Kyai Sempana Bener dipertontonkan kepada masyarakat. Adapun yang menarik disepanjang jalan rute yang dilalui tersebut, berupa pemasangan Penjor Janur Kuning sebagai salah satu ornamen dari masing-masing OPD yang dilombakan.

Sementara ribuan warga Banyumas dan sekitarnya memadati sepanjang Jl. Jend. Soedirman Purwokerto untuk menyaksikan Prosesi Kirab Pusaka.



Salah satu warga masyarakat yang menonton Kirab Pusaka tersebut Astrid Yunian menyampaikan, merasa senang karena hiburan gratis mas ? 

"Senang mas, saya bersama temen-temen sengaja nonton acara kirab ini. Pas kesininya juga ngga terlalu macet, mungkin lalulintasnya diatur dengan baik," ungkapnya.

Acara Kirab Pusaka diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, Anggota Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD. Turut dilibatkan pula Kepala Dinas/Instansi, Camat, Kepala Desa/Kelurahan dan warga masyarakat dengan semua peserta Kirab mengenakan pakaian adat Banyumasan.

Selain itu, Kirab juga melibatkan para pelajar dan mahasiswa serta seniman dan budayawan yang juga turut mengambil bagian kemeriahan acara tersebut.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم