Masyarakat Nelayan Desa Pesisir Gelar Selamatan dan Petik Laut

Bupati Situbondo berikan sambutan dalam acara tasyakuran selamatan desa dan petik laut di Balai Desa Pesisir

Jawapes, SITUBONDO - Wujud rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang diperoleh, masyarakat nelayan Desa Pesisir, Kecamatan Besuki menggelar acara selamatan di balai desa setempat dan tradisi budaya petik laut, Minggu (5/2/2023) PPI Pesisir.


Dalam sambutannya Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M., memberikan apresiasi penyelenggaraan acara selamatan desa dan petik laut, karena ini sebagai bentuk kepedulian Kepala Desa Pesisir. Yaitu dengan mendoakan masyarakatnya agar diberi keselamatan dan kelancaran rezeki dalam mencari nafkah, sehingga ke depan semakin meningkat kesejahteraanya. Petik laut merupakan tradisi masyarakat Desa Pesisir Situbondo yang sudah berlangsung turun-temurun.


"Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, atas melimpahnya rezeki para nelayan dan diberikan keselamatan saat melaut. Semoga mendapatkan rezeki barokah dan hasil tangkapan ikan melimpah," ungkap bupati.


Sementara itu, Kades Pesisir, Ahmadi menyampaikan, ucapan terima-kasih kepada Bupati dan Wabup Situbondo yang telah meluangkan waktu untuk hadir dan turut menyaksikan acara tasyakuran selamatan desa dan petik laut di Desa Pesisir. Untuk diketahui, tradisi selamatan desa dan petik laut merupakan ritual yang dilakukan oleh masyarakat Desa Pesisir sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Harapan dari masyarakat Desa Pesisir, mudah-mudahan hasil jerih payah tangkapan ikan melimpah dan nelayan yang bekerja melaut diberi keselamatan.


"Tadi pembukaan acara diawali dengan kegiatan istighosah dan pengajian umum untuk berdoa memohon kepada Allah SWT. Selanjutnya, prosesi pelepasan larung sesaji hasil bumi ke tengah laut. Tradisi petik laut dan selamatan desa rutin kami laksanakan setahun sekali setiap Bulan Rajab," pungkasnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم