Jurnalistik Tulungagung Bersama Aliansi Wartawan Indonesia Peringati HPN 2023

 

Jurnalistik Tulungagung Bersama Aliansi Wartawan Indonesia Peringati HPN 2023


Jawapes Tulungagung - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023,  yang bertemakan "Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat".  Diadakan di Regen Cafe & Resto jl. Recobarong Lk. 8, Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, Minggu ( 12/02/2023).


Momentum ini sekaligus merupakan ruang reflektif bagi pers untuk mempersiapkan pers menghadapi tahun politik dan meneguhkan profesionalisme.


Dalam acara ini Hadir Ketua Aliansi Wartawan Indonesia Sugeng Sutriso, Budi Waluyo Radar Timur dan seluruh Awak Media dan LSM Kabupaten Tulungagung.


Jurnalistik Tulungagung Bersama Aliansi Wartawan Indonesia Peringati HPN 2023


Sugeng Sutrisno Ketua Aliansi Wartawan Indonesia Tulungagung menyampaikan, untuk menegakkan kemerdekaan pers di Indonesia. Pers harus menjadi penerang bagi publik. 


"Pers harus mampu meningkatkan intelektualitas publik dalam membedakan antara berita bohong, berita hoax (disinformasi/misinformasi) dan berita tidak akurat. Jangan sampai semua informasi disebut hoax hanya karena adanya perbedaan," ucapnya.


Melalui Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Kemerdekaan pers yang ditegaskan dalam UU ini adalah buah tuntutan reformasi, di tengah situasi kebangsaan yang menghendaki penegakan demokrasi secara utuh.  


HPN Tulungagung


Hal yang terpenting sekarang adalah pers yang bertanggung jawab, pemberitaan yang dikonfirmasi kebenarannya berdasarkan etika jurnalistik.


"Sebaliknya, kemerdekaan yang tidak bertanggungjawab berpotensi merugikan kepentingan publik, menghambat pemenuhan hak-hak publik, bahkan dapat mencederai rasa keadilan publik," tegasnya.


Untuk mewujudkan pers yang profesional dan bertanggung jawab, pemberitaan dan penyiaran oleh pers hendaklah menyejukkan dan memberi solusi untuk menghalau kegaduhan. Pers harus bekerja sungguh-sungguh untuk mendewasakan bangsa ini dalam berdemokrasi.


Oleh karena itu, melalui momentum Hari Pers Nasional 2023 ini,  komitmen dari segenap insan pers untuk bersama-sama menjejakkan langkah untuk meningkatkan kwalitas  dan mengukuhkan komitmen pers untuk Bersama-sama kita wujudkan pers Indonesia yang profesional dan bertanggung jawab. (Rul)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم