Pastikan Akurasi Alat UTTP, Diskoperindag Berikan Layanan Tera Ulang

www.Jawapes.or.id Berita Situbondo hari ini
Penera Diskoperindag melakukan tera ulang alat UTTP jenis timbangan elektronik

 

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo melalui Bidang Metrologi memberikan pelayanan tera ulang alat Ukur, Timbang, Takar dan Perlengkapan (UTTP) milik perusahaan PT. Panca Mitra Multi Perdana (PMMP) dan PT. Tri Mitra Makmur, berlokasi di Kecamatan Kapongan, Selasa (4/10/2022).


Tri Jauhari selaku Sub Koordinator Pelayanan Tera dan Tera Ulang Diskoperindag Situbondo mengatakan, saat ini Diskoperindag memberikan layanan tera ulang alat UTTP jenis timbangan elektronik milik perusahaan PT. PMMP, PT. PMMP plant 2, PT. Tri Mitra Makmur, PT. Tri Mitra Makmur plant 2 dan PT. Tri Mitra Makmur plant 3 yang dilaksanakan selama dua hari. Sebelumnya, pihak perusahaan mengajukan permohonan tera ulang alat UTTP yang mereka miliki kepada Diskoperindag. Dalam kegiatan ini ada 120 timbangan elektronik yang ditera ulang. Kegiatan tera ulang dilakukan untuk menindak-lanjuti Undang-undang Nomor 2 Tahun 1981 Tentang Metrologi Legal dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.


"Manfaat tera ulang adalah untuk mengetahui serta memastikan akurasi dan kelayakan alat UTTP. Sehingga harapannya pihak produsen ataupun konsumen sama-sama diuntungkan. Setahun sekali kami rutin melaksanakan tera ulang alat UTTP milik pelaku usaha," ungkapnya.


Tri Jauhari menjelaskan, ada tiga penera di Diskoperindag Situbondo dan mereka dalam melaksanakan tera ulang dibantu dengan pihak reparatir. Apabila ada kerusakan alat UTTP, maka akan direparasi oleh reparatir. Selanjutnya ketika selesai perbaikan, pemilik alat UTTP wajib mengajukan tera ulang lagi. Untuk mengetahui alat UTTP sudah ditera ulang, konsumen bisa melihat tahun yang tertera pada segel dan tanggal di stiker. 


"Kami sudah melakukan tera ulang alat UTTP di pasar tradisional, pabrik gula, pemilik timbangan jembatan elektronik dan SPBU. Kedepan rencananya akan melaksanakan tera ulang di perusahaan aspal (AMP) yang berlokasi di Kecamatan Banyuglugur," ujarnya.


Ditempat terpisah, Ferry Manager Mesin PT. PMMP Situbondo menyampaikan, pihaknya menyambut baik dengan adanya kegiatan tera ulang yang dilakukan oleh Diskoperindag. Selama ini jika ditemukan ada alat timbang yang rusak langsung dikirim ke Kota Surabaya untuk lakukan perbaikan ke reparatir. Penyebab kerusakan alat timbang yang dimilikinya karena faktor kelembaban.


"Disini menggunakan timbangan digital atau elektronik. Kami selalu rutin melakukan perawatan alat timbang agar tidak mudah rusak dan tetap layak digunakan," pungkasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم