Lomba Pawon Urip Lumajang 2022, Tampilan RW 11 Jogotrunan Luar Biasa


Lomba Pawon Urip Lumajang 2022, Tampilan RW 11


Jawapes Lumajang - Keberadaan Pawon Urip harus terus berkembang dan berkelanjutan, itu terlihat di Pawon Urip " Kekinian" kebun kita RW 11 kelurahan jogotrunan Lumajang,Kamis (6/10/2022).

TP PKK Kabupaten Lumajang Ny Musfarinah Thoriq (Ning Farin ), sekaligus suami dari cak Thoriqul Haq selaku Bupati Lumajang, memang ide, kreasi, inovasi dan gagasan sangat berlian, Itu terlihat kegiatan Pokja 3 dalam hal ini pengembangan Pawon Urip seolah olah tidak pernah padam, terbukti desa dan kelurahan selalu merawat Pawon Urip sampai panen dan makan bersama.


Lomba Pawon Urip Lumajang 2022, Tampilan RW 11


Awak media saat berkunjung di salah satu peserta lomba Pawon Urip tingkat kabupaten tepatnya di semua Pawon Urip semua RT di RW 11 kelurahan jogotrunan. Deretan sayuran bermacam ragam mulai dari tomat, cabe, terong, sampai dengan pemanfaatan barang bekas untuk dimanfaatkan. Upaya warga, untuk membuat Pawon Urip ini lebih hidup terlihat sayuran dan bunga mengalami perkembangan yang luar biasa.

Mokhamad Eko Santoso Ketua RW XI kelurahan jogotrunan saat dikonfirmasi awak media menyampaikan bahwa lingkungan RW 11 jogotrunan tahun ini ikut serta dalam lomba Pawon Urip tingkat kabupaten katagori berkelanjutan. 

Pawon Urip setiap RT ada Pawon Urip nya sampai Pawon Urip dasawisma dan yang terakhir yaitu Pawon Urip mandiri, tentunya semua Pawon Urip terus bisa besar dan berkembang  karena warganya antara ibu ibu dan bapak bapak sangat kompak dan guyub rukun dalam kegiatan penanaman sampai pemeliharaan.

Beliau menyampaikan untuk lomba Pawon Urip ini RW 11 mempunyai inovasi dan kreativitas dengan lakukan edukasi masyarakat untuk bangga dengan Pawon Urip, dan kebetulan di RW 11 jogotrunan Lumajang ini Pawon Urip bertemakan " Kekinian" dengan variasi dari penanaman, perbesaran sampai lakukan edukasi terkait Pawon Urip, pemanfaatan limbah bahan bekas seperti pempes, inovasi kreatif budidaya bayam brasil dengan aquaponik serta usaha budidaya cacing sutra, sehingga tampilan Pawon Urip lebih moderen, diimbangi dengan penataan lahan yang cukup bagus dengan inovatif taman bunga.

" Alhamdulillah dengan inovasi budidaya bayam brasil, budidaya cacing sutra sampai budidaya tawon klanceng cukup bisa meningkatkan perekonomian serta menambah wawasan dan ketrampilan warga RW 11 jogotrunan," tuturnya.


Pawon Urip setiap RT ada Pawon Urip nya sampai Pawon Urip dasawisma


Eko juga menyampaikan bahwa dalam lomba Pawon Urip ini mengungkapkan rasa terima kasih kepada ibu kader PKK kelurahan jogotrunan, lurah jogotrunan, gerbangmas, paguyuban RT dan RW serta terkhusus warga RW 11 jogotrunan Lumajang, tampa adanya mereka semua tidak akan jadi seperti ini.

" Terima kasih buat ketua RT 1 sampai 4 yang bisa membina dan menjadi pembimbing warganya, sehingga Pawon Urip di masing RT terasa hidup dan sangat indah," tindasnya.

Inovasi Pawon Urip di RW 11 jogotrunan Lumajang setiap tahun pasti ada perubahan dan peningkatan seperti tahun 2021 kita punya kampung bunga Telang dan sekarang kita punya kampung bayam brasil, pun demikian inovasi yang lama akan terus kita optimalkan dengan perpaduan inovasi yang baru kampung bayam brasil.

" Manfaat dari bunga Telang cukup baik untuk kesehatan baik untuk diminum dicampur dengan tumbuhan herbal dan olahan dengan nasi bunga Telang yang tentunya menggoda mulut untuk segera dinikmati," tindasnya.

Indahwati ibu rumah tangga warga RW 4 jogotrunan saat melintas di lokasi Pawon Urip kebun kita RT 2 RW XI kelurahan jogotrunan kaget atas perubahan yang fantastis ini, karena dulunya lokasi ini kumuh dan kotor, tapi sekarang terlihat istimewa dan enak dipandang mata, apalagi pas saya kedalam ternyata makin top abis, disana terpampang aneka tempat dari bahan pempes yang selama ini dianggap sebagai sampah, akan tetapi di sana terlihat sangat terlihat manfaat dari barang bekas tersebut.

" Saya sangat mendukung atas inovasi dari warga RW 11 jogotrunan untuk membuat perubahan di Pawon Urip menuju keluarga yang sejahtera dan sehat," imbuhnya.


( Tim )

Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم