Wisata Edukasi Pancuran Mas Purbasari Purbalingga, Sajikan Gairah Eksotis Keindahan Alam dan Aneka Wahana



Jawapes, Purbalingga -
Letak Geografis Kabupaten Purbalingga persis dikaki Gunung Slamet +50 MDPL dengan sumber mata airnya yang masih alami, salah satu sumber mata air itu juga dimanfaatkan untuk Obyek Wisata lkan Raksasa Taman Edukasi Purbasari Pancuran Mas Purbalingga.

Humas Obyek Wisata Edukasi Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Dewi Martiningsih S.T mengatakan, lokasi wisata terletak di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga ini diresmikan oleh Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko pada tahun 2001 saat itu.

"Hari ini sangat ramai dikunjungi oleh Wisatawan lokal maupun dari luar kota setelah pandemi Covid-19 landai, ditambah lagi saat ini merupakan musim liburan Sekolah," katanya saat ditemui awak media diruang kerjanya, Senin (27/6/2022).

Obyek Wisata Edukasi Purbasari Buka mulai Pukul 08.30 Wib sampai Pukul 15.30 Wib. Sedangkan untuk pengelolaannya terus berbenah, berkembang hingga memiliki lebih dari 200 jenis Ikan Air Tawar, 100 jenis Burung, Waterboom, Wisata Perahu dan Penangkaran Burung Unta. 

"Wisata edukasi ini juga terkenal dengan Aquarium Raksasa yang eksotis dan satu-satunya di Kota Purbalingga. Dan Semua keindahan dalam wisata di obyek wisata edukasi Purbasari Pancuran Mas ini sebagai pengelola milik Haji Sarimun Basier (perorangan) dengan luas area sekitar 8 Ha. Rencananya akan terus diperluas," imbuhnya.

Dijelaskan Dewi, bahwa daya tarik utama wisatawan ialah koleksi Ikan Raksasa dan Aquarium Raksasanya. Salah satu koleksi Ikan Raksasanya yaitu Ikan Patin Albino berukuran Jumbo dan ikan Arapaima Gigas yang memiliki Panjang 2 Meter - 2,5 Meter serta bobotnya mencapai 200 Kg.

Menurutnya, Aquarium raksasa yang membuat pengunjung kagum akan keindahan serta eksotisnya, koleksi Ikan Air Tawarnya banyak sekali dan lengkap dari berbagai jenis dan ukuran, selain itu ada juga obyek wisata lain yang tidak kalah serunya," beber Dewi.

Lanjut Dewi, untuk Trevelers yang hendak merayakan ulang tahun, metting dan lainnya, pihak pengelola juga menyediakan fasilitasnya hingga ratusan kapasitas tempat duduk dan gratis serta tersedia juga tempat istirahat dan Hotel bagi Trevelers dari luar kota. 

"Bagi trevelers yang ingin mengadakan semacam perpisahan sekolah, meeting room dan lain-lain, pihak pengelola menyediakan fasilitas Aula dan Gratis, cukup bayar tiket masuk sebesar Rp.23.000. Yang penting kordinasi dulu jauh-jauh hari sebelum pelaksanaannya, kecuali untuk Wedding Out Door maupun In Door dikenakan sewa gedung," jelasnya. 

Obyek Wisata Purbasari Pancuran Mas juga melayani Trevelers untuk Nuansa Malam, Buka mulai Pukul 18.00 Wib hingga Pukul 22.00 Wib sedangkan khusus untuk rombongan, minimal 20 orang dengan tawaran harga tiket masuk mulai dari Rp.85.000/orang. 

Menjelajah di Obyek Wisata Edukasi Purbasari tak perlu khawatir, karena pihak pengelola menyediakan banyak Gazebo disetiap sudut. Tak hanya itu, terdapat juga Masjid yang luas dan bersih, Toilet, Foodcourt, tempat cuci tangan serta kemudahan akses bagi kaum difabel. Untuk Trevelers yang ingin berlibur kesini cukup hanya merogoh kantong dibanderol Rp.23.000 untuk Dewasa dan Gratis bagi anak dibawah umur 3 tahun.

Anita salah satu Trevelers asal Kaliwiro Wonosobo mengatakan, obyek wisata edukasi Purbasari Pancuran Mas ini, sangat indah dan sejuk, beraneka ragam tak disangka seperti ini dilihatnya.

"Saya baru kali pertama mengunjungi Obyek Wisata ini dan suasananya sejuk, pemandangannya indah, beraneka jenis ikan dari ikan raksasa sampai ikan yang kecilpun ada, ditambah fasilitas memadai," ungkapnya kepada awak media.(Adi S)

Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم