TP PKK Banyumas Gelar Sosialisasi dan Test IVA Bagi Kaum Perempuan



Jawapes, Banyumas -
Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Banyumas menggelar sosialisasi Test Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) bagi masyarakat Kecamatan Cilongok dan Kecamatan Ajibarang, Kamis (10/03/2022) di Puskesmas setempat. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 50 tahun 2022.
Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas Ny. Erna Husein di dampingi jajaran pengurus melakukan pembinaan tentang Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) Test. IVA test ialah salah satu metode pendektesian dini Kanker Serviks. Pemeriksaan IVA test dilakukan dengan meneteskan asam asetat (asam cuka) pada permukaan mulut rahim. Teknik ini dinilai terjangkau, mudah, hanya memerlukan alat sederhana dan hasilnya bisa langsung didapatkan.

"Pembinaan IVA test sangatlah penting bagi kaum perempuan karena dengan IVA test dapat mendeteksi dini kanker serviks sehingga sangat bermanfaat bagi kaum perempuan," jelas Erna Husein.

Menurutnya Kanker Serviks atau kanker leher rahim merupakan kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia.

"Untuk itu mari kita sukseskan program IVA test dimulai dari ibu-ibu TP PKK Dasawisma Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. Dengan mendatangi Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kabupaten Banyumas," imbaunya.

Erna Husein menambahkan, kegiatan  di Cilongok yang dipusatkan di Puskesmas I berhasil memeriksa IVA sebanyak 21 orang yang berasal dari Desa Gununglurah, Pernasidi, Cikodang dan Karanglo bahwa semua negatif. Sementara di Ajibarang yang dipusatkan di Puskesmas II, ada sejumlah 27 orang berhasil diperiksa yang berasal dari Desa Jingkang, Banjarsari, Sawangan, Kalibenda dan Lesmana semua juga negatif.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama