Menuju Desa Digital, Pemdes Jatibanteng Manfaatkan Tekhnologi CCTV

Kades Jatibanteng ketika memantau situasi kamtibmas di perbatasan desanya menggunakan CCTV melalui layar monitor

Jawapes, SITUBONDO - Langkah awal menuju desa digital, Pemdes Jatibanteng, Kecamatan Jatibanteng memanfaatkan tekhnologi berupa program pemasangan CCTV yang tersebar pada 12 titik, yaitu antaranya enam titik di dusun yang ada, sudut perbatasan desa, depan balai desa dan ruang kerja perangkat.


Kades Jatibanteng, Musawir menerangkan saat ini hanya dilakukan pemasangan CCTV di beberapa tempat strategis tujuannya adalah untuk membantu kamtibmas desa, misal jika ada tindakan kriminal pencurian maka pelaku bisa terpantau rekaman kamera. Kemudian CCTV di ruangan kerja guna monitor dan meningkatkan disiplin kerja perangkat desa dalam memberikan layanan terhadap masyarakat. Ketika baru dilantik menjabat kepala desa, dirinya langsung memasang CCTV dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD).


"Sebelumnya warga sering mengeluh kehilangan barang. Alhamdulillah setelah terpasang CCTV kami merasa terbantu, karena sampai detik ini tidak pernah terjadi lagi kehilangan apapun," ungkapnya saat ditemui oleh awak media, Senin (10/1/2022).


Lebih lanjut, Musawir menambahkan bahwa  selain memanfaatkan teknologi CCTV, target Tahun 2022 ini pelayanan pemerintah desa Jatibanteng akan menggunakan digital. Salah satunya ketika warga meminta tanda tangan kepada kepala desa cukup menggunakan barcode melalui handphone dan tentunya tidak bisa dipalsukan.


"Ketika berpergian saya bisa memberikan tanda-tangan secara online, sehingga memudahkan masyarakat dalam menerima pelayanan desa,"pungkasnya. (Fit/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama