Bupati Situbondo Resmi Membuka Expo Batik Nusantara dan IKM

Bupati Situbondo saat memantau stand expo batik nusantara

 

Jawapes, SITUBONDO - Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM., secara resmi membuka acara Expo Batik Nusantara dan Industri Kecil Menengah (IKM) tahun 2021, bertempat di GOR Baluran, Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo, Senin (13/12/2021).


Bupati Situbondo mengatakan di masa pandemi saat ini, para IKM Situbondo mengalami penurunan omset bahkan ada yang tutup karena tidak ada interaksi dan nilai transaksi. Adanya hal tersebut, maka pemerintah daerah menggagas pergelaran expo batik nusantara, dengan harapan para pembatik usahanya bisa menggeliat lagi dan terus berkembang.


"Kita melibatkan banyak pihak dalam acara ini, yaitu ada beberapa kabupaten yang turut mengikuti expo. Tujuannya dalam rangka untuk memberikan sebuah edukasi bagi masing-masing kabupaten agar dapat meningkatkan kualitas dan menciptakan inovasi baru dalam mendesain batiknya," jelasnya.


Bung Karna (sapaan akrab) menambahkan, tindak lanjut kegiatan ini kedepan akan dijadikan kalender event di Kabupaten Situbondo.


"Semoga pandemi Covid-19 bisa terus melandai, sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Situbondo penuh dengan even," harap bupati.


Sementara itu, Kepala Disperindag Situbondo, Edy Wiyono, S.Sos., M.Si., menjelaskan peserta yang mengikuti kegiatan expo batik berasal dari dalam dan luar kota serta pelaku IKM Situbondo. Pelaksanaan kegiatannya diadakan selama tiga hari, yang juga diiringi dengan acara lomba hadrah, mewarnai dan nyanyian daerah Madura.


"Sebenarnya banyak yang dari luar kabupaten Situbondo ingin mengikuti kegiatan expo, namun karena kondisi pandemi maka pesertanya dibatasi," terangnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama