Dimasa PPKM Darurat Pemdes Sogo Kembali Bagikan BLT DD Periode VI Kepada 48 KPM

Pemdes Sogo salurkan BLT DD tahap VI tahun 2021 kepada 48 KPM

 

Jawapes, MADIUN -  Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kembali disalurkan secara serentak kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Sogo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun di Balai desa setempat, Selasa (19/07/2021).


Hal ini merupakan penyaluran tahap VI pada tahun 2021 atau periode bulan  Juni yang di saluran bulan Juli. Apalagi Kabupaten Madiun saat ini menerapkan PPKM Darurat.


Pembagian BLT DD ini adalah progam pemerintah dalam membantu warga yang terdampak Covid -19 terutama bagi warga desa yang betul- betul layak membutuhkan.


Untuk Desa Sogo, Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun penerimanya sesuai data Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD Tahap VI Tahun 2021 yaitu sebanyak 48 KPM. 


Sekdes Wiji Eko selaku Sekdes data  ada 48 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) BLT - DD Tahap VI Tahun 2021. Untuk besaran penerimaan   bantuan sebesar Rp300 .000 rupiah perbulan, selama 12 bulan yang telah dianggarkan dari Dana Desa ( DD ) 2021.Rp172.800.000


"Pemdes Sogo mengalokasikan Anggaran BLT - DD 2021 selama 1 tahun sebesar Rp300.000/KPM,"terang  Carik  Sogo


Selain itu  juga menjelaskan Berdasarkan Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, dimana Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 telah diamanatkan salah satu untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).  Penetapan KPM BLT DD merupakan hasil Musdesus yang dilaksanakan oleh BPD sebelumnya, yang mana telah ditetapkan sebanyak 48 KPM warga Desa Sogo.


Penyaluran BLT-DD yang juga dibagikan masker secara gratis  ini  oleh Kades  Sogo H.Warjito,BA didampingi oleh Babinsa, Bhabinkamtimas.


Kepala Desa , Sogo,H.Warjito,BA dalam kesempatan itu memberikan arahan pesan kepada  Keluarga Penerima Manfaat  BLT-DD Tahap VI Tahun 2021 agar bisa memanfaatkan dengan baik. juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bergerak serentak sehingga BLT-DD tahap VI bulan Juli 2021 ini dapat disalurkan dengan lancar. Ia berharap dengan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut dapat meringankan beban masyarakat.


Lebih lanjut, H.Warjito,BA Kepala Desa Sogo pada kesempatan tersebut juga menyampaikan himbauan kepada seluruh warga  untuk disiplin melaksanakan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).Juga terus mengingatkan KPM agar selalu mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. 


“Semoga dengan adanya BLT-DD ini dapat membantu masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19 terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat” ungkapnya.


Dikatakan  sejak 2020 lalu data penerima BLT-DD mengalami perubahan, menyusul adanya beberapa jenis bantuan dari pemerintah, yang mana pada setiap jenisnya tidak diperbolehkan adanya penerima ganda. 


"Dari tahun 2020 ini data penerima ada perubahan," imbuhnya.


Dengan berpedoman pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dan tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan 5 M (Manjaga Jarak, Memakai masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menghindari Kerumunan, dan Membatasi mobilitas) kegiatan Penyaluran BLT-DD tahun 2021 Tahap VI ini berjalan dengan lancar dan tertib.(Bun)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama