Masyarakat Pacitan Diharapkan Tetap Waspada Menghadapi Musim Hujan

Sugeng Nugroho, SH

Jawapes Pacitan - Sehubungan dengan adanya curah hujan yang hampir merata di Kabupaten Pacitan, sejak pukul 15.11 - 17.48 Wib, Rabu (1/1/2020), masyarakat Pacitan tetap waspada jika timbul banjir maupun longsor.

Sugeng Nugroho memberitahukan kepada masyarakat Pacitan agar selalu waspada yang kemungkinan akan terjadi dampak banjir maupun longsor yang pernah melanda di wilayah Kabupaten Pacitan.

"Tetaplah waspada dengan kemungkinan adanya potensi hujan yang akan menyebabkan banjir dan longsor, seperti rilis cuaca Jawa Timur," kata Sugeng.

Kepada masyarakat yang ada di sekitar pegunungan, pemukiman dekat sungai dan dataran ketinggian serta daerah berpotensi banjir, harapan saya untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor.

"Pada peringatan dini, cuaca Jawa Timur pada 1 Januari 2020, pukul 17.00 Wib, ternyata masih berpotensi terjadi hujan sedang, lebat yang dapat disertai kilat dan petir serta angin kencang. Pesan saya kepada seluruh pengendara kendaraan, agar berhati-hati di jalan, karena jalanan licin dan sedapatnya menghindari jalan yang berpotensi banjir dan longsor," lanjut Sugeng.

Bagi masyarakat khususnya Bandar, Nawangan, Arjosari, dan Tegalombo di Kabupaten Pacitan, perlunya saling bekerja sama dalam memantau situasi dan kondisi dilingkungan kita masing - masing, dikarenakan kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 19.30 Wib menurut prakiraan BMGK Surabaya.

"Insya Allah semua stakeholder terkai, agar membantu memberikan informasi dengan adanya curah hujan yang belum berhenti sampai saat ini. Saya dan teman - teman yang ada di Pacitan membagi tugas untuk terus siaga mengawasi sikon tanggul yang ada di wilayah kota, bilamana sampai terjadi banjir dan longsor, secepatnya berkoordinasi dengan semua stakeholder terkait, termasuk Pemkab dalam membantu mengatasi dan mengantisipasi semua persoalan di saat Banjir dan longsor," lanjutnya.

Sugeng merasa khawatir dan sangat peduli sekali dengan Kabupaten Pacitan, lantaran pernah mengalami pengalaman pahit pada tanggal 28 November 2017 lalu yaitu musibah banjir dan longsor, hingga musibah tersebut dinyatakan sebagai musibah Nasional. Karena itu kiranya kita selalu saling bantu dan bahu membahu dalam tanggap darurat bila terjadi bencana banjir. Mari kita saling memberikan informasi dan diharapkan partisipasi warga untuk dapat memberikan laporan apapun juga tentang dampak bencana banjir kepada dinas terkait.

"Mari kita berdoa, semoga rahmat hujan ini tetap akan menjadi berkah untuk kita semua, amin," doa Sugeng.(tim)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama