Kapolres Pacitan Berharap Sinergitas Tiga Pilar Harus Kuat

Kapolres Pacitan, AKBP Didik Haryanto (tengah) 

Jawapes Pacitan - Pemerintah Kabupaten bersama jajaran TNI dan Polri beserta ASN menggelar Istighosah di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jum'at (17/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Pacitan, AKBP Didik Haryanto, menyinggung perihal tiga pilar. Tiga pilar dimaksud adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta para Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Pacitan.

Didik menyampaikan pesan didepan awak media, bahwa kepada para  personil Babinsa, Bhabinkamtibmas serta para kepala desa dan lurah, agar bisa bekerja sama dalam segala hal yang ada.

"Kegiatan istighosah seperti ini merupakan forum untuk memanjatkan doa bersama, terkait dengan terjadinya bencana di Indonesia. Dan khususnya di Kabupaten Pacitan yang kita cintai, semoga mendapatkan perlindungan dari Allah SWT," kata Didik.

Dirinya berharap, dari ketiga pilar tersebut diperlukan dukungan dan sinergitas semua pihak, khususnya dari para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan para kades dan lurah untuk senantiasa memonitor, mendeteksi berbagai persoalan di masyarakat yang bisa menimbulkan konflik lebih besar di wilayahnya masing-masing.

"Dalam konteks ini, tiga pilar memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat jika timbul masalah untuk secepatnya diselesaikan di wilayahnya masing-masing," jelasnya.

Dari harapannya, hal-hal yang dianggap menjadi persoalan, sedini mungkin dicarikan solusi dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait.

Sementara itu AKBP Didik Hariyanto menegaskan kembali, ibarat sebuah bangunan, tiga pilar inilah yang menopang bangunan tersebut untuk tetap berdiri. Kalau pilar ini kuat maka bangunan itu itu pun juga kuat. Pilar tersebut, harus saling menyanggah dan menyokong, serta bersinergi.

"Oleh karena itu, momentum istighosah tersebut, untuk menjalin komunikasi dan mengembangkan kebersamaan antara tiga pilar, termasuk koordinasi antara camat, danramil dan kapolsek," kata Didik.

Dalam suasana Istighosah Qubro ini,  Komandan Didik, sapaan akrab yang terlontar dari para pewarta, berharap tiga pilar menjadi bagian dari unit cooling system atau pihak yang mendinginkan suasana jika terjadi permasalahan di wilayahnya masing-masing.

“Kalau di desa ada permasalahan yang menghangat, ketiga pilar ini harus mengambil peran. Kades ajak Babinsa atau Bhabinkamtibmas untuk menyelesaian permasalahan warga tersebut,” ungkap Didik.

Terpisah, senada yang disampaikan Kapolres, Dandim Letkol Inf. Nuri  Wahyudu, juga mengharapkan dari ketiga pilar, senantiasa bersinergi di lapangan, agar kehidupan masyarakat di wilayahnya lebih kondusif.

“Kita ini bagian dari syistem negara, semuanya punya tanggungjawab masing-masing dalam menjaga suasana kehidupan di masyarakat,” imbuh Nuri.(tim)
Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama