Gubernur Jawa Timur Kunjungi Korban Banjir di Bondowoso Sehari Pasca Terjadinya



Jawapes Bondowoso - Sehari pasca terjadinya bencana banjir, Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., bersama rombongan datang mengunjungi lokasi kejadian dengan didampingi Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin, Sekretaris Daerah Bondowoso, Dandim 0822 Bondowoso, Kapolres Bondowoso, Kamis (30/1/2020) Desa Kalisat dan Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.                                             
Kunjungan orang nomor satu di Jatim selain memberi bantuan, meninjau lokasi bencana dengan sesekali melakukan dialog pada beberapa warga yang terdampak juga melihat langsung proses penanganannya. Gubernur apresiasi pada proses pembersihan lumpur dan kayu terbawa banjir yang berjalan cepat.
           

Hj.Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bondowoso karena sudah mengeluarkan SK tanggap darurat sampai tanggal 11 Februari akan datang. Sebab paling lama tanggap darurat selama 14 hari. Terkait korban bencana banjir nantinya akan terus berkoordinasi dengan bupati berdasarkan data yang akan terus update. Seperti berapa yang terdampak baik secara personal ataupun per rumah tangga.

"Bupati bisa memperpanjang tanggap darurat dengan menyesesuaikan keadaan. Untuk pembersihan lumpur dan kayu yang terbawa banjir berjalan dengan cepat," ungkapnya.                                                 



Sisi lain, dampak dari bencana yang terjadi pada Rabu (29/1/2020) siang kemarin di Kecamatan Ijen. Menurut Sekda Bondowoso Syaifullah ada sekitar 214 rumah rusak, 4 orang korban (3 sudah pulang,1 masih di puskesmas), 40 unit kandang ternak rusak hanyut, 864 ekor hewan hanyut (800 kambing, 53 sapi, 11 kuda), 6 unit musholla rusak, 3 titik jembatan rusak ringan, sepanjang 8 km plengsengan jebol,14 km sarana air bersih rusak, 16 km jalan dan 7 km jalan lingkungan rusak, 10 ha lahan pertanian rusak, 1 SD rusak sedang juga kantor kecamatan beserta rumdin camat.
(Fit/Fino)
Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم