Puting Beliung Menerjang Puluhan Rumah di Tanggulangin

akibat dari amukan angin 
Jawapes Sidoarjo - Musim hujan sudah mulai turun di berbagai wilayah di Indonesia. Banyak sekali banjir dan angin puting beliung yang dialami wilayah, terutama di Kabupaten Sidoarjo, dimana puluhan rumah warga Desa Banjarpanji dan Desa Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin sekitar pukul 13.30 Wib amburadul diterjang  angin puting beliung, Rabu (25/12/2019).

Berdasarkan informasi, akibat dari amukan angin puting beliung, sejumlah rumah di dua desa tersebut mengalami kerusakan parah seperti genting, knopi, yang bisa terbang sejauh 50 meter. Tercatat sekitar 50 rumah di Desa Banjarpanji dilingkungan RT. 01, 02, 03 RW. 01, dan RT. 07, 08 RW. 02 yang mengalami kerusakan baik ringan maupun sedang. Pepohonan juga banyak yang tumbang dan beberapa tembok rumah turut ambruk dan jebol.

Sementara itu, menurut Sekdes Banjarpanji, Abdul Rochman menjelaskan, awalnya pusaran angin puting beliung terjadi sekitar pukul 13.30 Wib disamping warung apung. Kemudian membesar dan menerjang rumah warga serta pepohonan.

"Kerugian material masih belum dapat ditafsirkan, sedangkan korban luka-luka maupun korban jiwa tidak ada," ungkap Abdul Rohman.

Sedangkan Penjabat Kepala Desa Banjarasri, Sudarna menjelaskan bahwa diwilayahnya ada 2 unit rumah yang diterjang angin puting beliung.

"Paling parah dialami rumah warga dibelakang kantor balai desa, dan satunya di samping masjid. Sedangkan atap pendopo kantor balai desa, dibagian depan juga rusak," ujarnya.(tyaz

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama