Ajak Masyarakat Cinta Lingkungan, Kodim 0823 Situbondo Gelar Karya Bakti TMMA

Personil Kodim 0823 Situbondo bersama warga Kelurahan Dawuhan melaksanaan kerja bakti membersihkan aliran irigasi sungai

Jawapes, SITUBONDO - Personil Kodim 0823 Situbondo menggelar Karya Bakti membersihkan irigasi sungai di wilayah Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Kota, Situbondo, Jumat (11/03/2022). 


Karya bakti TNI Manunggal Membangun Air (TMMA) tahun 2022 dititik pusatkan ke aliran irigasi sungai. Saat ini pelaksanaannya dilakukan di sepanjang aliran sungai yang ada di Kelurahan Dawuhan sekitar kurang lebih 500 meter.


Kegiatan apel dalam rangka karya bakti TMMA diikuti sekitar 250 orang, yaitu dengan susunan pasukan 2 SST personel Kodim 0823 Situbondo, 1 SST Puskesmas Situbondo, 1 SST Perangkat Kecamatan Kota, 1 SST UPT PSDA Situbondo, 1 SSR Pegadaian, 1 SSR Pramuka dan 1 SSR FKPPI serta warga setempat.


Selain melibatkan personil internal, Kodim 0823 Situbondo juga mengajak anggota Dinas Lingkungan Hidup, Anggota BPBD Situbondo, anggota Pramuka, Komunitas Pencinta Lingkungan dan juga warga sekitar untuk turut bergabung dalam karya bakti.


Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf Neggy Kuntagina mengatakan, bahwa sungai merupakan aset yang memiliki manfaat besar. Air akan dapat menjadi kehidupan dan kematian lingkungan, jadi wajib dirawat dan dikelola dengan baik, termasuk juga aliran irigasi sungai.


“Hari ini kita akan membersihkan sepanjang kurang lebih 500 meter, mulai dari kegiatan pengambilan sampah, pengerukan lumpur agar kedalaman sungai menjadi normal. Kami juga melakukan pembersihan kanan kiri sungai,” katanya.


Dandim 0823 menambahkan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan dan menjadi sebagai program mingguan Kodim 0823 Situbondo. Tujuan mengadakan kerja bakti  untuk menciptakan ramah lingkungan dan juga mencegah banjir. Lingkungan yang bersih terdapat jiwa yang sehat. Maka setiap hari Jumat kita akan lakukan kegiatan seperti ini,” ungkapnya.


Lebih lanjut, program TMMA merupakan perintah dari Korem 083/Baladhika Jaya. Hari ini juga dilakukan secara virtual dan serentak di wilayah jajaran Korem 083/Baladhika Jaya Malang. Karya Bakti TMMA ini sebagai wujud nyata pengabdian TNI kepada masyarakat baik di bidang sosial maupun pembangunan dan sebagai upaya untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat sehingga kebersamaannya semakin kokoh dan solid.


"Kami akan menggugah masyarakat untuk tumbuhkan cinta lingkungan, cinta kebersihan dan ramah lingkungan sehingga aliran sungai tidak akan terhambat. Ini juga mencegah terjadinya banjir karena sekarang masih musim penghujan,” terangnya.


Kegiatan ini turut dihadiri Kasdim 0823 Situbondo, Pasiter Kodim 0823 Situbondo, Pasipers Kodim 0823 Situbondo, Pasi Intel Kodim 0823 Situbondo, Danramil 01-17 Kodim 0823 Situbondo, Kapolsek Kota, Camat Situbondo, Anggota DLH Situbondo, Anggota BPBD, Anggota Pramuka, Anggota Pencinta Alam, Komunitas Pencinta Lingkungan dan warga sekitar Dawuhan. (Tim)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama