Meluap Jika Air Saluran Irigasi Besar, Ini Jawaban Pihak Diskoperindag

Kondisi jalan penghubung pintu masuk ke Pasar Sumber-Kolak rusak dan berlubang



Jawapes, SITUBONDO -
Akses pintu masuk sebelah timur pasar Sumber Kolak selama ini menjadi keluhan. Hal tersebut disebabkan kondisi jembatan penghubung keluar masuk pasar yang semakin memprihatinkan, rusak juga berlubang. Sehingga sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan saat melintas.


Hasil Rangkuman keterangan di lokasi pada Rabu (2/2/2022), kondisi tersebut sudah terjadi beberapa bulan sebelumnya. Dan saat ini lebih parah lagi karena tidak segera ada perbaikan.


SW (48) salah seorang pedagang di pasar setempat mengeluh dan merasa prihatin.


"Sudah sekitar 4 bulan mas rusaknya. Tidak segera ada penanganan, dan sekarang lebih parah lagi. Ya kondisi seperti ini sangat mengganggu. Jika air di saluran irigasi besar maka akan meluap lewat lubang yang menganga lebar. Akibatnya halaman depan pasar jadi genangan," ungkap Sw.


Lebih lanjut mengatakan jika beberapa hari sebelumnya ada petugas datang survey kerusakan jembatan. Entah dari dinas mana, hasilnya seperti apa diapun tidak tahu. Masih jadi teka teki.


Hal senada juga disampaikan pedagang lain, sebut saja Rid. Dia mengatakan kondisinya kian parah dan khawatir ada korban jika tidak cepat ditangani. Masih menurut Rid, sepanjang saluran irigasi depan pasar Sumber Kolak mulai dari Timur sampai ke Barat sudah dangkal, jadi butuh pengerukan.


"Harus ada kerja sama serta saling koordinasi antara PUPR dan Disperindag terkait solusi jembatan yang makin rusak itu. Jangan berlarut-larut harus segera dibenahi. Jika perbaikan dibebankan pada para pedagang, jelas kita keberatan. Terus gimana dengan pengelolaan retribusi yang rutin selalu kita bayar pada petugas pasar," pungkasnya.


Sementara Diah (53) warga Wringin Anom, menilai terkesan kurang ada perhatian dari pemerintah setempat kepada pengguna pasar.


"Itu sudah beberapa bulan belum ada perbaikan, hingga sekarang tambah parah kondisinya," ucapnya.


Disisi lain saat dikonfirmasi, Kamis (3/2/2022). Kabid Perdagangan Diskoperindag Situbondo, Ruben Pakilaran, SE., M.Si., mengatakan pihaknya selaku pengelola pasar dengan kondisi mengalami kerusakan, maka melalui kepala dinas sudah melaporkan ke pihak PUPR yang menangani pekerjaan di jembatan tersebut, agar segera ditindak-lanjuti untuk perbaikan. Berdasarkan informasi dari petugas pasar, menerangkan kalau PUPR sudah turun ke lokasi untuk mensurvei. Tetapi sampai saat ini masih belum ada konfirmasi lebih lanjut dari dinas terkait kepadanya.


"Harapan kami, jalan penghubung tersebut supaya segera diperbaiki, sehingga pengunjung atau masyarakat merasa nyaman dan aman saat belanja di Pasar Sumber-Kolak," pungkasnya. (Tim)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama