Dinkes Situbondo Adakan Pertemuan Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Menular




Jawapes, SITUBONDO - Dinas Kesehatan Situbondo adakan pertemuan penguatan peran lintas sektor pada program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular tuberkolosis, HIV serta kusta guna menuju Situbondo sehat berjaya, bertempat di Aula Pendopo Kabupaten, Kamis (3/2/2022).


Dalam sambutannya, Wabup Situbondo Hj. Khoirani, S.Pd., MH., mengatakan penyakit menular saat ini masih menjadi pembunuh nomor kedua setelah penyakit jantung. Penyakit menular yang masih menjadi tren tertinggi adalah tuberkolosis, HIV, kusta. Ketiga penyakit tersebut bisa berdampak psikologis dan sosial bagi penderitanya. Kemudian pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan penyakit menular dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat, kedua adalah screening pemeriksaan preventif. Langkah ketiga adalah pengobatan dan dukungan perawatan (kuratif), lalu yang keempat melakukan rehabilitasi kepada mantan pasien penderita penyakit menular. 


"Upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit menular tidak bisa dilakukan sendirian oleh dinas kesehatan, namun diperlukan sinergitas antar OPD juga keterlibatan para tokoh agama, tokoh masyarakat serta lembaga swadaya masyarakat yang ada di Kabupaten Situbondo," ucapnya.


Lebih lanjut, Wabup menambahkan bahwa Dinas Kesehatan akan menyiapkan sumber daya manusia sebagai bahan untuk screening penyakit menular secara gratis. Seperti Dinas Tenaga Kerja memberikan dukungan dengan menghimbau kepada seluruh badan usaha yang ada di Kabupaten Situbondo agar para karyawannya dilakukan screening dan deteksi dini terhadap penyakit menular, utamanya HIV. Lalu untuk Dinas Sosial mendukung dengan memberikan bansos kepada mantan penderita penyakit menular, karena mereka terdampak dari segi sosial dan ekonomi. 


"Bagi tokoh lintas agama dan organisasi keagamaan bisa menyampaikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya deteksi dini serta pencegahan penanggulangan penyakit menular. Untuk BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan berikan dukungan dengan cara menyiapkan skema pembiayaan terhadap penderita penyakit menular agar terbantu," harapnya.


Acara tersebut juga turut dihadiri Ketua TP PKK Situbondo, Kepala Dinas Kesehatan beserta staff, jajaran OPD, Direktur Rumah Sakit Sumber Glagah, pimpinan BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan Situbondo, tokoh agama, tokoh masyarakat juga tamu undangan lainnya. (Fin/Saihu)


kali berita ini telah dibaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Rizal Diansyah, ST

Pimpred Media Jawapes. WA: 0818306669

Countact Pengaduan