Wabup Subandi Sidak di Pintu Air Jabon

Wabup Sidoarjo Subandi saat berada di pintu air 

Jawapes, SIDOARJO
- Dampak musim kemarau mulai dirasakan di Kabupaten Sidoarjo, terutama para petani yang usia musim tanamnya masih memerlukan air untuk tumbuh kembang tanaman padi.


Menindaklanjuti hal tersebut, Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, SH bersama jajaran Dinas PU Sidoarjo dan Dinas Pertanian Sidoarjo Dr. Eni Rustianingsih, Kamis (3/6/2021) siang melakukan sidak memantau aliran air, dimulai dari pintu air perbatasan Mojokerto hingga ke pintu air Jabon.


Dalam sidak, Wakil Bupati Subandi menemukan beberapa hal agar segera ditindaklanjuti oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Sumber Daya Air Sidoarjo (PU BMSDA) untuk normalisasi aliran air di pintu air Porong dengan menerjunkan alat berat di sepanjang aliran sungai Porong dan Jabon. 


“Selain ditemukannya keramba ikan milik para warga, juga aliran air di Porong mengalami pendangkalan dan dibutuhkan normalisasi sungai yang akan dilakukan besok dengan menerjunkan alat berat di sepanjang aliran sungai Porong dan Jabon,” ungkap Wabup. 


Dikatakan Subandi, adanya peninggian areal persawahan di Porong juga memicu aliran air menjadi kurang kearah muara, dengan alternatif perlu adanya kajian ulang serta memberikan pompa air, agar debit air bisa mengalir ke areal persawahan. 


“Adanya kerambah ikan milik warga yang ada di aliran sungai di Desa Kedung Cangkring Jabon berpotensi menghambat saluran air menuju muara supaya segera ditertibkan,” tegasnya. 


Selain itu, Wabup Subandi juga meminta petani untuk selalu membangun komunikasi yang baik dengan pihak PU dan Dinas Pertanian, agar permasalahan yang dihadapi bisa terselesaikan dengan bijak.(Tyaz/Kom)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama