Kades Kradenan Berikan Apresiasi Kepada Kelomkop HIPPA Tirto Margo Mulyo


 

Jawapes, PONOROGO - Dengan terlaksananya pengerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang dikerjakan oleh Kelompok HIPPA Tirto Margo Mulyo di Desa Kradenan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur maka Kepala Desa Kradenan, Yahman memberikan apresiasi kepada Kelompok HIPPA yang diketuai oleh Sujiono tersebut.


Disampaikan oleh Kepala Desa Kradenan, Rabu (9/6/2021). Mengatakan bahwa Kelompok HIPPA "Tirto Margo Mulyo" telah mendapatkan program P3TGAI atas pengajuannya kepada Balai Besar Wilayah Sungai, Bengawan solo (BBWS Bengawan Solo) yang terealisasi dengan mendapatkan bantuan dari kementrian PUPR senilai anggaran Rp 195 juta dari anggaran APBN tahun 2021. Adapun pengalokasiannya untuk pengerjaan pembangunan saluran irigasi diareasi persawahan di Dukuh Pakrem, Desa Kradenan yang dikerjakan secara swakelola oleh kelompok HIPPA dengan memberdayakan warga masyarakat setempat. Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) tersebut bertujuan untuk menyediakan air bagi kawasan pertanian, melalui pemeliharaan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi kecil, irigasi tersier dan irigasi desa yang dilakukan dengan cara Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) atau Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3AI).


"Adanya program tersebut sangat memberikan manfaat langsung khususnya Kepada para petani secara umum yang berada disekitar aliran pengairan terhubung," jelasnya.


Kepada wartawan, Kepala Desa Kradenan, Yahman , selain  membenarkan diterimanya program tersebut oleh kelompok HIPPA "Tirto Margo Mulyo" turut menyampaikan rasa terima kasih kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo yang telah menerima pengajuan program dari kelompok HIPPA didesanya sehingga terealisasi. Terealisasinya program tersebut diharapkan betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


"Kami berharap program ini bisa berkelanjutan karena diwilayah desa kami masih banyak lokasi irigasi yang belum tersentuh pembangunannya. Sehingga kami betul-betul sangat mengharapkan adanya bantuan semacam ini lagi," harapnya  (Gst)



Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama