Awali Ziarah Makam Leluhur, Menjelang Hari Jadi Kabupaten Tegal


Dra. Hj. Ummi Azizah bersama anggota Forkopimda Ziarah di Makam Amangkurat Agung


Jawapes, Tegal – Menjelang puncak acara Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal yaitu 18 Mei 2021 mendatang, serangkaian prosesi peringatan digelar Pememerintah Kabupaten Tegal. Salah satunya adalah ziarah ke makam para leluhur dan tokoh sejarah Pendiri Tlatah Tegal, Kamis (08/04/2021).

Acara yang diikuti Bupati Tegal Dra. Hj. Ummi Azizah bersama anggota Forkopimda berangkat dari Makam Ki Gede Sebayu Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang.

Meski berjalan sederhana dan menerapkan protokol kesehatan ketat, Bupati Tegal Umi menuturkan bahwa jika hal tersebut tidak mengurangi khidmat acara. Menurutnya, ziarah ini adalah bentuk penghormatan pada para leluhur atas jasa, amal baik dan keilmuan yang telah diwarisankannya.

"Walaupun pesertanya dibatasi namun doa bersama tetap kita langsungkan untuk keselamatan beliau-beliau di alam barzah," ujar Umi.

Makam Ki Gede Sebayu


Ummi berharap, peringatan Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal ini dapat menjadi momentum untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan optimisme kebangkitan, khususnya perekonomian rakyat yang terpukul akibat pandemi.

"Sudah satu tahun ini pandemi covid-19 membayangi kehidupan sosial ekonomi kita, pembatasan aktifitas yang menyebabkan perekonomian kita lesu. Maka dari itu, inilah saatnya kita beranjak bangkit keluar dari keterpurukan dengan menjalani kehidupan yang produktif namun tetap aman dari penularan covid-19. 'Kabupaten Tegal Bangkit', ini sejalan dengan tema hari jadi Kabupaten Tegal tahun ini," imbuhnya

Mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kedisiplinannya menerapkan Prokes (protokol kesehatan) seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan mengurangi mobilitas serta menghindari kerumunan.

Usai dari Makam Ki Gede Sebayu selanjutnya beranjak ke Makam Ki Ageng Anggawana dan Pangeran Purbaya di Desa Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru dan berakhir di Makam Amangkurat Agung Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna.

Adapun tampak anggota Forkopimda Kabupaten Tegal dalam kegiatan rombongan ziarah ini antara lain Ketua Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal, perwakilan Kodim 0712/Tegal, Polres Tegal dan Lanal Tegal.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal Budi Bimo Hartono berharap, di usianya yang ke-420 Kabupaten Tegal terus berkembang semakin maju dan sukses.

"Semoga kehidupan harmonis yang dicontohkan para leluhur di masanya dapat menjadi panutan kita dan warga masyarakat Kabupaten Tegal. Dan semoga dengan bulan Suci Ramadhan tinggal hitungan hari ini, kita akan mendapat berkahnya..aamiin ya rabbal 'alamin". Katanya mengakhiri pembicaraan.

(Yanis)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama