Pemeriksaan HIV dan PTM Rutin Dilakukan Setahun Sekali Guna Antisipasi

Tim medis melakukan pemeriksaan tes HIV dan PTM kepada karyawan Puskesmas Panji 

Jawapes, SITUBONDO - Sebagai wujud kepedulian terhadap HIV dan AIDS, UPT Puskesmas Panji adakan pemeriksaan kebugaran PTM dan HIV kepada seluruh karyawannya melalui kegiatan konseling tes HIV, obati dan pertahankan pengobatan cegah serta lindungi diri, keluarga, masyarakat dari HIV dan AIDS di halaman Puskesmas Panji, Jumat (12/3/2021). Kegiatan tersebut diawali dengan tes kebugaran melaui Rockport menempuh jarak 1,6 Kilometer, lalu dilanjutkan tes PKM dan HIV dengan pemeriksaan rapid test.


Kepala UPT Puskesmas Panji Bagus Sulaksono, S.Kep., M.Si., menyampaikan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kebugaran, penyakit tidak menular (PTM) dan HIV rutin diadakan setahun sekali kepada seluruh karyawan Puskesmas Panji guna tindakan preventif. Terkait tes PTM dengan cara memeriksa tensi, tinggi juga berat badan, pemeriksaan gula darah, kolestrol serta mengukur lingkar perut, karena menjadi standard yang harus dipenuhi. Jika ditemukan ada karyawan yang mengalami PTM setelah pemeriksaan, maka petugas medis akan segera melakukan pengobatan dan menganjurkan sering berolah-raga. Untuk pemeriksaan HIV kepada karyawan Puskesmas Panji setiap tahun bertujuan mengecek kondisi tubuhnya khawatir tertular dengan penyakit tersebut, apalagi sering berinteraksi dengan pasien, berkutat penggunaan alat medis seperti jarum suntik dan sebagainya.


"Cara penularan HIV yang pertama melalui hubungan seksual (sex bebas), kedua adalah kontak darah seperti jarum suntikan, transfusi dan luka, ketiga berasal dari ibu hamil ketika terpapar HIV lalu ditularkan kepada bayinya saat proses mengandung, persalinan dan menyusui," paparnya.


Lebih lanjut, terkait gejala awal penyakit HIV tidak ada tanda gejala, tapi ketika masuk fase AIDS sudah ada gejala seperti menyerang imun tubuh berakibat mudah terserang penyakit. Bagi pasien yang ditemukan terinfeksi HIV dilakukan konseling dahulu untuk memperkenalkan obatnya seperti ARV.


"Bagi masyarakat Situbondo khususnya di Kecamatan Panji dihimbau jauhi sex bebas agar tidak tertular HIV," harapnya.


Bagus menambahkan, setelah melakukan pemeriksaan PTM dan HIV kepada karyawan Puskesmas Panji dilanjutkan dengan pemeriksaan kepada masyarakat dengan cara  mengunjungi lintas sektoral di Kecamatan Panji. (Fin/Saihu).


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama