DPMD Situbondo Sosialisikan Bumdes Guna Tingkatkan Kontribusi PADes

DPMD Situbondo bersama Bank Jatim saat mengadakan sosialisasi Bumdes kepada sejumlah kepala desa

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Situbondo bekerja-sama dengan Bank Jatim adakan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) kepada sejumlah kepala desa di Aula lantai 2 DPMD Situbondo, Kamis (25/3/2021).


Kepala DPMD Situbondo H. Lutfi Joko Prihatin mengatakan adanya sosialisasi dalam rangka pelaksanaan PP nomor 11 tahun 2021 tentang Bumdes yaitu badan hukum yang didirikan oleh desa guna mengelolah usaha dan memanfaatkan aset dengan bertujuan meningkatkan kontribusi PADes demi kesejahteraan masyarakat desa. Pihak Bank Jatim siap bekerja sama terkait permodalan dan pemberdayaan barang produk asli desa itu sendiri, sehingga ada nilai tambah. Ada 92 desa sudah terbentuk Bumdesnya dan 40 desa masih belum terbentuk, itupun ada yang pemula, berkembang dan maju. Terkait kendala membangun Bumdes hanya sebatas mendirikan saja, mungkin faktor sumber daya manusianya (SDM) tidak memiliki kemampuan untuk mendongkrak pemerintah desa dari status maju menjadi mandiri. 


"Kalau kita melihat 150 kilometer pantai, paling tidak Kabupaten Situbondo memiliki potensi usaha kerajinan, usaha ikan kering dan sebagainya. Kita mempunyai keindahan alam, selama ini tempat wisata yang ada di desa diupayakan memiliki stimulus dari provinsi dan Bumdes, sehingga pengunjung benar-benar bisa menikmati keindahan wisata, bukan hanya sekedar menarik biaya yang ditimbulkan," jelasnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama