Percepat Sektor Ekonomi Wilayah Selatan, Gubernur Jatim Lakukan Kunker ke Tulungagung

Jawapes Tulungagung – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan kerja dalam rangka pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tulungagung. Dalam kunjungan kerjanya di Tulungagung didampingi Sekda Heru Cahyono dan pejabat dari pemerintah Provinsi Jatim lainnya.

Gubernur Khofifah bersama rombongan didampingi Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo juga meninjau proyek pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS) yang berada di lot 6 yakni (Prigi-BTS Tulungagung Pantai Klatak-Brumbun) Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Minggu (13/9/2020) Sore.

Sebelumnya, Gubernur Jatim bersama rombongan melaksanakan gowes bareng dengan Forkopimda Tulungagung yang berangkat dari Pendhopo Kongas Arum kusumaning Bongso. Kemudian menyusuri Pasar Tangguh Ngemplak dan Pasar Kliwon Kalangbret untuk berbagi masker dan bantuan sosial serta melakukan giat di beberapa titik lokasi lainnya.

Saat meninjau proyek pembangunan JLS di lot 6 ini, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan bahwa ada 3 area yang menjadi prioritas di wilayah selatan yang salah satunya selingkar Wilis.

“Tiga area yang menjadi super prioritas dari Perpres 80 tahun 2019, salah satunya adalah selingkar Wilis. Ini akan menjadi satu kesatuan dari maksimalisasi percepatan pembangunan ekonomi di selingkar Wilis,” tutur Khofifah.

Lanjut Khofifah, ini merupakan bagian penting dari format RPJMD nya adalah pembangunan berbasis kewilayahan.

“Maka, wilayah utara dan wilayah selatan ini harus sama-sama tumbuh dengan pengembangan yang sama majunya,” imbuhnya.

Khofifah meneruskan, fotografi wilayah selatan bisa dilihatnya. Menurutnya, perlu adanya koneksitas diantara satu titik dengan titik strategis yang lain. “Dan itulah yang dirintis dengan JLS ini. Nah, ini pada seksi 6 nanti nyambung seksi 7,” sambungnya.

Gubernur Khofifah mengatakan seksi 8 dan 9 sudah nyambung di Sendang Biru (Malang). Dirinya mengaku bahwa sudah melakukan koordinasi dengan Menteri PUPR tiga Minggu lalu.

“Kita ingin lot 6 lot 7, ini kan sudah ada anggarannya. Pada saat ini berjalan, kita berharap bahwa lot 10 itu juga dirintis proses untuk akses bugjednya,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga menyebutkan bahwa sektor ekonomi di wilayah selatan bisa mengalami percepatan yang tinggi.

“Apalagi kalau nanti Airport di Kediri juga sudah sambung. Nah, wisatanya pasti akan menjadi daya tarik yang luar biasa,” timpalnya.

Kemudian, lanjut Khofifah, sektor agronya juga akan menjadi daya kekuatan ekonomi para petani di wilayah selatan khususnya Tulungagung seperti hasil tani kakao,kopi dan lainnya.

“Saya rasa, semua ketika terbangun koneksitas dengan transportasi terfasilitasi infrastrukturnya akan memberikan overhead yang lebih murah dan pasti tingkat daya saing produk disini juga akan lebih tinggi,” pungkasnya. (Rul)

join

join


kali berita ini telah dibaca

Post a comment

0 Comments

wa