Kodim 0709/Kebumen Gelar Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung II TA 2024

 



Jawapes Kebumen - Komando Distrik Militer (Kodim) 0709/Kebumen menggelar Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 120 Sengkuyung Tahap II TA 2024 dengan tema "Darma Bakti TMMD Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah"


Kegiatan pembukaan TMMD Resmi ditandai dengan pemukulan kentongan dan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan TMMD oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana S.Hub.Int. M.Han., dan Bupati Kebumen yang diwakili oleh Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST., M.M., bertempat di lapangan Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Prov. Jateng.  Rabu (08/05/24)


Sambutan Bupati Kebumen yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih S.ST., M.M., selaku Irup menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas dilaksanakannya kembali TMMD Sengkuyung. TMMD merupakan bagian dari cara kita merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat sekaligus wujud semangat yang sejalan dengan konsep pembangunan Kabupaten Kebumen. 


Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan  Rakyat, serta Pemerintah melalui TMMD seperti inilah, yang kemudian menjadi suatu kekuatan luar biasa, untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Kebumen. TMMD menjadi ikhtiar bersama guna meningkatkan pemerataan pembangunan.


Kita bangga, TNI sebagai komponen utama bangsa untuk dapat selalu menunjukkan komitmen dan kepedulian sosial terhadap kondisi bangsa dan masyarakat. Kita juga bersyukur dan berterimakasih, TNI senantiasa hadir membantu  pemerintah memberdayakan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan Negara. 


Dengan TMMD ini, kita ingin mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka mewujudkan ketangguhan dan ketahanan wilayah. Selain itu juga, mempertahankan dan melestarikan budaya gotong- royong masyarakat serta mempercepat pembangunan desa. 


Saya mengajak seluruh elemen dan semua pihak mendukung, bersinergi dan berkolaborasi dengan baik, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sukses dan mencapai hasil, maksud dan tujuan yang diharapkan. 


Khusus untuk kegiatan fisik, mari niatkan membangun untuk diri, keluarga dan saudara bahkan keturunan kita. Selain terasa ringan, juga pasti akan memberikan yang terbaik dalam setiap prosesnya. Dikerjakan bersama dari awal hingga akhir dan dimengerti alur prosesnya. Semoga  menumbuhkan rasa memiliki khususnya dari warga sehingga bisa dimanfaatkan dan dirawat sebaik baiknya.


Mengakhiri amanat Bupati berharap Melalui TMMD ini mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral untuk Kabupaten Kebumen  yang semakin baik dan sejahtera. Kita ingin desa-desa di Kabupaten Kebumen makin maju, mandiri dan masyarakatnya pun semakin makmur sejahtera, menuju Kebumen SEMARAK. Inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama, "tutupnya.


Sementara Dandim 0709/Kebumen 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana S.Hub.Int. M.Han., mengungkapkan bahwa Program TMMD bertujuan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik apabila didukung adanya kerjasama dan gotong-royong dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, Polri, Pemda maupun masyarakat.TMMD sendiri juga kita rasakan telah memberikan manfaat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


Pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2024 terbagi dalam kegiatan fisik dan non fisik yang nantinya diselenggarakan selama tiga puluh  hari dengan Sasaran fisik utama Pembangunan Jalan Rabat Beton dengan Vol P.750 M x L. 3M dan T.0,15 M. kemudian sasaran tambahan Rehab RTLH 2 Unit. Sedang kegiatan nonfisik berupa penyuluhan dan sosialisasi dari OPD terkait diantaranya kegiatan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dari Kodim 0709 Kebumen, “Penanggulangan Narkoba dan Bahaya Sosial Media” dari Polres Kebumen, Penyuluhan Kesehatan dari Dinkes, dan Penyuluhan UMKM dari DPPKUKM. 


Program TMMD memberikan kesempatan serta membantu daerah-daerah yang belum tersentuh untuk mendapatkan akses pembangunan yang layak. Kegiatan TMMD juga menggelorakan kembali semangat gotong-royong serta kebersamaan kepada masyarakat.


Peran serta masyarakat Desa Jembangan sangat luar biasa karena mereka sadar bahwa program TMMD ini kedepan untuk kemajuan Desa dan bahkan meningkatkan perekonomian mereka. Karenanya masyarakat sangat antusias mereka dengan sadar dan ikhlas memulai pekerjaan ini bahkan sebelum TMMD dibuka.


Optimalkan berbagai program lintas sektoral di Kabupaten Kebumen yang semarak dan sejahtera. Kita ingin masyarakat makin maju, mandiri dan masyarakatnya semakin makmur dan sejahtera, inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama," tandasnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kebumen  Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST., M.M., Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, S.Hub.Int., M.Han., Pasiminlog Silogrem 072/PMK

Mayor Cba Agus Jumawan, 

Kalan Dislitbangad Mayor Cpl Sutarjo, Wadan Secata Rindam IV/Diponegoro Mayor Inf Karjin, Kabag Logistik Polres Kebumen Kompol Hari Harjanto S.H. MH., Kasatpol PP Kebumen Ira Puspitasari, S.H., M.Ec.Dev., Panetra Pengadilan Agama Kebumen Sultan Hakim S.Ag. M.H., Kasi Pidsus Kajari Kebumen Dwi Romadhona S.H., Asisten 1 Bupati Kebumen R. Agung Pambudi, Perwira staf dan Danramil Jajaran Kodim 0709/Kebumen, Ketua Persit Cabang XXIX Kodim 0709/Kbm beserta Pengurus Serta Forkopimcam Kecamatan Poncowarno, Kades beserta Perangkat Desa Jembangan sejumlah Toga, Tomas dan Toda setempat. ( Eko)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم