15 Finalis Bersaing di Grand Final Duta Genre Kabupaten Situbondo Tahun 2024

Kepala DP3APPKB Kabupaten Situbondo menyerahkan hadiah kepada pemenang duta genre 
 

Jawapes, SITUBONDO - 15 finalis bersaing adu gagasan dan bakat dalam pemilihan duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Situbondo Tahun 2024, dengan tampil diajang grand final untuk memperebutkan juara satu, bertempat di Pendopo Aryo Situbondo, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo.


Kepala DP3APPKB Situbondo melalui Kasi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, RA. Kifayatul Khair menjelaskan, pelaksanaan grand final pemilihan duta Genre tahun 2024 ini, adalah untuk mencari sosok brand ambassador yang menjadi panutan baik dan membawa pengaruh positif bagi remaja sebaya yang ada di sekitarnya. Bagi mereka yang terpilih hari ini menjadi duta Genre Kabupaten Situbondo 2024, diharapkan bisa melaksanakan program kerja yang sudah di sosialisasikan oleh masing-masing finalis sebelum acara grand final. Kemudian untuk tahapan sebelumnya, ada persyaratan administrasi yang diikuti, tes tulis dan wawancara. Hasilnya diperoleh 15 orang finalis untuk mengikuti karantina selama dua minggu.


"Hari ini adalah puncak acara grand final pemilihan duta Genre, dan ada 15 orang finalis. Yaitu terdiri dari 7 orang putera dan 8 orang puteri atau top 8 finalis," jelasnya.


Lebih lanjut, Kifayatul Khair menerangkan indikator penilaian yang dilakukan oleh dewan juri. Yaitu penilaian pertama adalah substansi Genre, bagaimana seorang remaja ini bisa merencanakan kehidupan selanjutnya dan paham materi PIK-R. Penilaian kedua dari sisi kepribadian, yakni bagaimana keseharian finalis di karantina selama dua minggu, sebab 70 persen penilaiannya dari karantina dan 30 persen dari grand final hari ini. Selanjutnya penilaian ketiga, berdasarkan publik speaking. Artinya bisa memberikan sosialisasi dan contoh yang baik kepada para remaja.


"Alhamdulillah hari ini sudah terpilih pemenang juara wakil satu dan wakil dua duta genre. Tahapan berikutnya akan bersaing di tingkat Provinsi Jawa-Timur, dan semoga yang hari ini terpilih bisa membawa nama harum Kabupaten Situbondo," harapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم